Alasan Klaim Asuransi Mobil Anda Ditolak

Alasan Klaim Asuransi Mobil Anda Ditolak

global.gerbangindonesia.org – Alasan Klaim Asuransi Mobil Anda Ditolak

Kala mobil Kamu mengalami rusak atau kehilangan maka ini adalah waktu yang tepat untuk jalankan klaim. Tetapi, Kamu bisa terkejut dikarenakan ternyata perusahaan asuransi menampik klaim asuransi mobil Kamu atau kurangi nilai penggantian klaim asuransi mobil Kamu.

Ini adalah suatu keadaan yang tidak menguntungkan bagi Kamu.
Di satu sisi, Kamu merasa bahwa kerugian yang terjadi bukan diakibatkan oleh hal-hal yang dikecualikan dalam polis asuransi namun ternyata klaim Kamu tertolak.

Kenapa Ditolak??

Ada sebagian peraturan, baik yang tertera di dalam polis asuransi ataupun tidak yang bisa mengakibatkan penolakan atau pengurangan nilai klaim.

Biasanya, orang-orang tidak sangat memperhatikannya dengan cermat. Berikut ini lebih dari satu contoh kasusnya yang umum terjadi.

Mobil dicuri Supir

Klaim kehilangan mobil Kamu yang dicuri oleh supir Kamu sendiri. Hampir dipastikan klaim ini akan ditolak.

Mengapa? Coba memperhatikan baik-baik ketetapan didalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (Psakbi) pada bagian Pengecualian (Pasal 3 Ayat 1 Butir 1.3.3.) berikut ini.

Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan, biaya atas Kendaraan Bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, yang disebabkan perbuatan jahat yang dilakukan oleh:

1.3.1. Tertanggung sendiri; 1.3.2. suami atau istri, anak, orang tua atau saudara sekandung Tertanggung;

1.3.3. orang yang disuruh Tertanggung, bekerja pada Tertanggung, orang yang sepengetahuan atau seizin Tertanggung;

1.3.4. orang yang tinggal bersama Tertanggung; 1.3.5. pengurus, pemegang saham, komisaris atau pegawai, jika Tertanggung merupakan 

Oleh karena itu, supir yang bekerja untuk Kamu termasuk dalam pengertian peraturan ini dan klaim Kamu tidak bisa diterima oleh pihak asuransi. Hati-Hati, keputusan ini banyak tidak dimengerti dengan baik oleh para tertanggung.

Oleh sebab itu, pahami bagian Pengecualian ini dengan baik. Informasi tidak Valid

Perusahaan asuransi punyai klausul yang bisa membatalkan klaim dan apalagi membatalkan polis asuransi Kamu jika ternyata kabar awal yang Kamu berikan dalam formulir aplikasi penutupan asuransi tidak seksama atau salah.

Pada seluruh jenis polis asuransi, perusahaan asuransi benar-benar mengharapkan Kamu untuk mengungkapkan seluruh berita yang mungkin sangat penting bagi mereka secara jujur.

Maka dari itu, Kamu berkewajiban menyampaikan seluruh fakta material terkait mobil Kamu walaupun tidak diminta. Prinsip ini dikenal dengan utmost good faith.

Penggunaan Komersial

Klaim asuransi Kamu ditolak gara-gara ternyata mobil Kamu digunakan untuk kepentingan komersial, seperti untuk disewakan atau dijadikan sebagai taksi online.

Jika didalam polis Kamu tertera pemakaian kendaraan semata-mata untuk pribadi maka segala klaim rusaknya atau kehilangan dikarenakan pemanfaatan komersial tentu tertolak.

Aksesoris Tambahan

Klaim kerugian seluruh aksesoris tambahan untuk mobil yang tidak Kamu cantumkan dalam polis tentu tidak akan diganti oleh asuransi.

Saran terbaiknya adalah langsung memberitahukan kepada pihak asuransi tentang beragam penambahan aksesoris yang Kamu lakukan.

Barang-Barang Pribadi

Ada sebagian perusahaan asuransi yang menambahkan agunan penggantian atas rusaknya atau kehilangan barang-barang pribadi berharga Kamu yang berada didalam mobil sebagai manfaat tambahan.

Tetapi, klaimnya mampu tertolak jika ternyata Kamu tidak mampu beri tambahan dokumen pendukung klaimnya, contohnya bukti atau kuitansi pembelian barang itu.

Depresiasi dan Underinsured

Penggantian klaim yang tidak penuh biasanya disebabkan oleh dua hal, yaitu :

Pertama, depresiasi nilai kendaraan Kamu.

Perusahaan asuransi sebatas menempatkan mobil Kamu lagi pada keadaan aktual yang serupa dengan situasi mobil Kamu sesaat sebelum terjadinya kerugian. Ini adalah prinsip indemnitas.

Jadi, selagi Kamu mengasuransikan mobil baru Kamu, dan setelah tiga tahun mobil Kamu itu hilang maka penggantiannya hanyalah sebesar nilai mobil baru dikurangi depresiasinya selama tiga tahun.

Kedua, mengasuransikan mobil Kamu dengan nilai yang lebih rendah dari harga pasaran (Underinsured). Akibatnya, ketika berjalan klaim, pro-rata akan diberlakukan untuk perhitungan klaim Kamu sehingga penggantian klaim Kamu tidak akan penuh.

Buang Waktu dan Energi

Luangkan sedikit waktu dan energi Kamu di awal untuk mempelajari dan mengetahui seluruh keputusan yang ada pada polis asuransi mobil Kamu dan juga meminta klarifikasi corporate asuransi untuk bagian-bagian yang Kamu tidak pahami.

Ini jauh lebih baik dan berfaedah daripada Kamu membuang waktu dan energi untuk berdebat panjang dengan corporate asuransi pada waktu pengajuan klaim.
Dan akhirnya, klaim Kamu tetap ditolak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.