Anada Harus Tahu ! Belok Kiri Kini Tak Boleh Langsung, Jangan Salah Lagi

Anada Harus Tahu ! Belok Kiri Kini Tak Boleh Langsung, Jangan Salah Lagi

global.gerbangindonesia.org – Anada Harus Tahu ! Belok Kiri Kini Tak Boleh Langsung, Jangan Salah Lagi. Kali ini admin berbagi info penting tentang tertib di jalan raya.

Informasi ini sangat bermanfaat bagi seluruh pengguna kendaraan bemotor. Bahkan mereka yang sudah terbiasa jika belok kiri segera atau langsung. Sementara ini, peraturannya telah berubah. Oleh sebab itu, jangan sembarang lagi belok kiri di persimpangan.

Peraturan belok kiri boleh langsung yang terdahulu yaitu di UU LLAJ Nomor 14 Tahun 1992 serta PP Nomor 43 tahun 1993, pasal 59 ayat 3.

Bunyi PP Nomor 43 tahun 1993, pasal 59 ayat 3:

Pengemudi dapat langsung belok ke kiri pada setiap persimpangan jalan, kecuali ditentukan lain oleh rambu-rambu atau alat pemberi isyarat lalu lintas pengatur belok kiri.

Namun kini perihal belok kiri langsung di persimpangan diatur dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Nomor 22 Tahun 2009, pada pasal 112 ayat 3.

UU LLAJ Nomor 22 Tahun 2009, pada pasal 112 ayat 3:

Pada persimpangan Jalan yang dilengkapi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, Pengemudi Kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh Rambu Lalu Lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas. 

Founder And Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, sekarang ini belok kiri tidak boleh langsung di persimpangan jika ada rambu yang memperbolehkan.

“Kalau sekarang jadi terbalik, belok kiri harus ikuti lampu lalu lintas, kecuali ada perintah seperti belok kiri langsung. Jadi kalau tidak ada rambu tambahan, dia wajib berhenti walaupun di lajur kiri,” kata Jusri, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dikatakan oleh Jusi, saat ini pengguna jalan memang masih yang tidak menyadari. Misalnya ada mobil yang berhenti di lajur kiri di persimpangan, tapi tidak langsung belok kiri. Kemudian sering sekali pengemudi lain yang berhenti di persimpangan malah diomeli pengemudi lain sebab berhenti dan mengikuti lampu lalu lintas.

“Sosialisasi soal belok kiri di persimpangan yang terbaru ini tidak masif. Sehingga orang masih banyak yang bingung, ikuti aturan yang mana. Dari sini malah bisa jadi konflik dan ribut di jalan,” ucapnya.

Demikian info dari admin, semoga bermanfaat dan para pembaca bisa ikuti peraturan lalu lintas yang benar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.