Anak Bangsa Pencipta Games yang Mendunia via E-Commerce,Tahukah Anda ?

Anak Bangsa Pencipta Games yang Mendunia via E-Commerce,Tahukah Anda

global.gerbangindonesia.org – Anak Bangsa Pencipta Games yang Mendunia via E-Commerce,Tahukah Anda ?

International Women’S Day atau Hari Perempuan Internasional 2022 yang diperingati tiap-tiap lepas 8 Maret mengambil tema #Breakthebias untuk tahun ini.

Pesan tema kampanye kali ini merupakan simbol untuk mendobrak bias, stereotipe, ketidaksetaraan, dan diskrimansi yang dialami oleh kaum perempuan.

Salah satu upaya menghapus ketidaksetaraan dan diskriminasi tersebut adalah dengan ikut berkarya di dalam dunia yang tadinya didominasi oleh para lelaki, diantaranya adalah industri teknologi.

Anak Bangsa Menciptakan Puluhan Fitur Games

Dilansir berasal Antara, Kamis (10/3/2022), Monica Widjaja, merupakan salah seorang perempuan yang berhasil mendobrak stereotip bahwa industri pengembangan games hanya bisa digeluti oleh kaum adam. Ibu anak satu ini jadi salah satu aktor yang berperan didalam pembuatan puluhan fitur games dan marketing di e-commerce ternama di Asia Tenggara, Shopee.

Salah satu games yang sempat jadi viral adalah Shopee Bubble, yang ternyata merupakan games besutan anak bangsa.

Saat ini, games itu udah dimainkan oleh ratusan pelanggan Shopee di Asia Tenggara, Taiwan, sampai Brasil.

Bermain games dari gawai, memang merupakan salah satu cara untuk kurangi kejenuhan bagi masyarakat di masa digital. Lebih-lebih, jika dengan bermain games kamu juga sanggup sekaligus memenangkan voucher maupun hadiah berupa koin yang mampu digunakan untuk belanja online.

Fitur Shopee Games, merupakan suatu penemuan yang ditujukan bagi bara pelanggan Shopee untuk menaikkan kepuasan dan kesenangan didalam berbelanja.

Monica, memang semenjak dulu telah hobi bermain games. Salah satunya yang getol dia mainkan adalah Candy Crush, yang telah populer semenjak satu dasa warsa lalu.

Berkarir sebagai produk manager didalam sistem digital, agaknya Monica mematahkan stereotip bahwa industri game developer hanya milik kaum adam.

Kesenangannya dalam bermain games, menjadi salah satu penyokong karir Monica. “Bekerja di Shopee merupakan pengalaman saya yang paling menarik, karena saya bisa mengawinkan hobi saya bermain games, dengan skill analitik yang saya dapatkan saat di bangku kuliah, untuk memberikan impact yang cukup besar di dunia e-commerce khususnya para pelanggan Shopee,” ujar Monica.

Wanita yang mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia Jurusan Teknologi Bioproses, Departemen Teknik Kimia, dipercaya menjabat sebagai Produk Manager di Shopee Indonesia, salah satu anak perusahaan  dari Sea Group.

10 Produk Game

Empat tahun merintis karir di Shopee Indonesia, Monica Wijaya beserta timnya, sampai saat ini udah menghasilkan lebih berasal dari 10 product games. Lebih dari satu permainan seperti Shopee Bubble dan Tebak Kata berhasil jadi teman dari para pengguna aplikasi Shopee, di kala kesenggangannya.

Kesuksesan product yang dikembangkan oleh Monica, tidak terlepas dari hobinya bermain games. Menurutnya, sejak bekerja di Shopee Indonesia, hobinya ini malah semakin tersalurkan.

Dara yang juga sempat aktif di dalam organisasi mahasiswa internasional ini, memainkan beragam macam games sebagai bahan riset. Nantinya, hasil riset itu akan jadi rujukan untuk product permainan virtual, yang akan dikembangkan oleh Monica dan engineering Shopee Indonesia.

Tetapi, pekerjaan yang dilandasi hobi, bukan berarti tanpa tantangan. Setidaknya, itulah yang dirasakan Monica selama merintis pekerjaannya.

“Bermain games untuk bersenang-senang tentu berbeda dengan bermain untuk keperluan riset. Mengembangkan games berarti mau tidak mau saya harus belajar dan belajar untuk membuat keputusan yang akurat sebanyak mungkin,” kata Monica.

Tantangan lain yang dirasakan oleh Monica adalah sewaktu harus memacu team yang terdiri dari engineer, designer, dan marketing untuk memenuhi tenggat waktu dengan fitur games dan marketing yang menggembirakan untuk dimainkan.

Lewat hasil riset yang telah diolah, dikerucutkan jadi suatu konsep games yang disukai oleh semua orang.

Konsep itu dituangkan ke dalam bentuk prototype untuk uji coba.

Monica juga bekerja sama dengan team pemasaran untuk launching games yang dikembangkannya.

Salah satu kisah sukses Monica adalah ketika membuat games ‘Tebak Kata’, yang kini dimainkan oleh orang-orang di berbagai negara. Melihat orang-orang di berbagai belahan dunia membagikan karyanya, jadi sebuah kepuasan tersendiri bagi Srikandi berusia 32 tahun ini.

Capaian hasil kerja keras Monica Wijaya, pasti jadi motivasi tersendiri, bagi para bakat digital perempuan yang juga ingin merintis karir di dunia teknologi.

Secara umum, ia berharap bakat digital di tanah air konsisten menimba pengetahuan secara berkesinambungan dan mengasah kemampuannya dengan lebih baik.

Monica optimis akan potensi sumber kekuatan digital Indonesia di masa depan, akan tetap tumbuh berkualitas. Lebih-lebih, Sea Group udah meluncurkan Sea Labs Indonesia, yang bertujuan mengembangkan skill dari bakat digital lokal, untuk mampu bersaing di ranah dunia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.