Apa Sih Arti Kata Pakintaki ! yang Viral di Makassar, Netizen di TikTok

 

Apa Sih Arti Kata Pakintaki ! yang Viral di Makassar, Netizen di TikTokApa Sih Arti Kata Pakintaki ! yang Viral di Makassar, Netizen di TikTok

 

global.gerbangindonesia.org – Apa Sih Arti Kata Pakintaki ! yang Viral di Makassar, Netizen di TikTok. Hallo sahabat, ini kata yang membuat penasaran banyak orang. Yuk baca sampai habis artikel ini !

Kata ” Pakintaki ” sementara ini tengah viral di media sosial dan grup Whatsapp, terkhusus di kalangan netizen di Sulawesi Selatan ( Sulsel ).

” Pakintaki ” mendadak populer pada Februari 2022, bulan ini.

Apa sih artinya Pakintaki?

Di laman mesin pencarian Google, sangat tak terhitung orang yang melacak artinya.

Di Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ), berdasarkan penulusuran , kata ” Pakintaki ” belum ditemukan.

Populernya kata Pakintaki bermula berasal dari viralnya potongan video pendek pemuda asal Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan ( Sulsel ).

Pemuda tersebut merekam kegiatan kesehariannya, mulai berasal dari memanjat pohon mangga, memanjat pohon kelapa, sampai memegang ikan sambil melacak padanannya di dalam bahasa Indonesia.

Di dalam videonya, dia selalu menyebut ” Pakintaki “.

Menariknya, aktualisasi diri pemuda tersebut juga lucu.

Netizen pun memicu stiker paras pemuda tersebut disertai kata ” Pakintaki “.

Kelanjutannya, banyak sekali orang  yang melacak arti kata pakintaki tersebut.

Pemilik akun @Mnursetiabudi di Twitter berkicau, “Apa Artiny Pakintaki ?”

Kemudian, itu dijawab pemilik akun @Zhoelrina, “Disentak.”

Pemilik akun @Dzkfl di Twitter mencoba menjelaskan arti kata pakintaki sesudah mengetahui jika pakintaki tengah ramai dicari artinya oleh netizen.

Dia pun membuat thread dan berikut isinya

Ramai skalia sede kulihat di twitter ini istilah baruna anak-anaka, “Pakintaki rong!”. Beberapa teman sesirkel dari luar makassar menanyakan maksud dari kata itu. Saya ingin menjelaskannya dengan sederhana sesuai batas kemampuan pemahaman saya. 🙂,” demikian kicauan @dzkfl.

Pakintaki berasal dari kata “takkintak” (Bahasa Makassar) yang artinya respon terangkat secara tiba-tiba atau spontan. Misal, saat kamu duduk dan temanmu datang dari belakang menggelitik kemudian kamu menimbulkan respon dengan bahu terangkat lalu kembali turun dengan cepat.”

Atau saat kamu mencolok chargeran ke colokan lalu tidak sengaja menyentuh bagian steker berbahan logam dan sementara kamu melepaskan sentuhan, ada reaksi responsif pada gerakan tubuhmu. Nah reaksi itu namanya “takkintak”. Kalau tidak yakin silakan dicoba, tetapi menurutku jangan!

Penambahan partikel “Pa” di awal dan “i” di akhir kata “kintak” mengartikan kata perintah. Pakintaki seringkali diikuti dengan kata “rong” menjadi “Pakintaki rong” untuk mempertegas bahwa itu kata perintah.”

Sebenarnya, saya juga belum menemukan padanan kata yang tepat dari kata pakintaki dalam Kamus Bahasa Indonesia. Wkwkwk.. Namun, saya berharap di jagat twitter ini ada polisi bahasa yang bisa mencerahkan kita perihal Bahasa Makassar yang dirasa sulit diartikan. Pakintaki rong..!

Di Tiktok, ada juga yang mencoba menjelaskan arti pakintaki, layaknya dijalankan pemilik akun @Ardandangnga.

“Banyak ini yang DM-DM-nga, apa itu artinya Pakinta, Pakinta, Pakinta. Kalau suami istri itu na-tahu-ki, kayak pas langsung na-tusuk, baru na-cabut. Itu kayak takkinta, kayak nggak enak gitu,” kata seorang pria dalam video di akun @ardandangnga.

Pakintaki juga ramai menjadi tagar (hashtag) di media sosial.

Enjoy Indonesia Marc #[email protected],” demikian kicauan pemilik akun @RealDidhi_dD.

Good luck M. Rafli Asrul #Ewako #Pakintaki #Paccinikkangi,” demikian kicauan pemilik akun @AAHasanTL.

Jangan pernah peduli dengan lawanmu karena yang terpenting adalah mengembangkan kemampuanmu sendiri.. #pakintaki,” demikian kicauan pemilik akun @abdkadirlimpo.

Di Instagram, pemilik akun @banyyol_ menulis, “Masalah waktuji ini cess
#pakintaki.”

Pemilik akun @yudhistira.s menulis, “Makasih pak ketua andalancccuuuuuuu pak Ir Ilham Arif Sirajuddin,ucapannya buat komunitas kami berdolmax.
#pakintaki
#maximmakassar
#berdolmaxbukankaleng2.”

Pemilik akun @arabia.adw menulis, “Intina, PAKINTAKI 

#pakintaki #makassar #makassarhitskekinian.”

Pemilik akun @fahruddin_0 menulis, “Simple life is important to me.

#mylife
#enjoylife
#coffedaily
#lifeisgood
#myworld
#pakintaki
#bestoftheday.”

Berdasarkan perbicangan di media sosial, padanan kata pakintaki di dalam bahasa Indonesia adalah tersentak, kaget.(*)

Video Tiktok >>

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.