Ban Motor Ganti Ukuran Jadi Lebih Besar, Apa Dampaknya?

Ban Motor Ganti Ukuran Jadi Lebih Besar, Apa Dampaknya

global.gerbangindonesia.org – Ban Motor Ganti Ukuran Jadi Lebih Besar, Apa Dampaknya? 

Tren modifikasi pada sepeda motor tidak cuman menyangkut soal mesin, tapi juga bagian ban.

Banyak sekali bikers yang saat ini tertarik mengganti ukuran ban jadi lebih besar dan lebar dari standar pabrik. Tapi, apakah hal itu aman ?

Biasanya, para bikers yang sengaja mengganti ukuran ban jadi lebih besar supaya terlihat semakin gagah di jalan. Tidak cuman hal tersebut, ada juga yang beranggapan punya ukuran ban lebih besar sanggup menambah kenyamanan kala berkendara.

Legal-Legal saja jika seseorang mengganti ukuran ban motornya menjadi lebih besar. Tapi, ada sejumlah risiko dan pengaruh negatifnya jika benar-benar memaksakan diri memakai ban ukuran besar.

Berikut ini efek yang akan timbul jika mengganti ukuran ban secara berlebihan.

1. Tarikan Motor jadi Lebih Berat

Saat ukuran ban motor diganti jadi lebih lebar dan besar, hal ini bisa pengaruhi tarikan motor waktu di jalan. Mesin mesti mengeluarkan tenaga lebih besar sebab beban yang diangkut jadi lebih berat  dari biasanya.

2. Manuver Berkurang dan Tidak Lincah

Motor yang sudah diganti bannya dengan ukuran lebih besar dan lebar bakal sulit bermanuver di jalan. Tak sekedar hal tersebut, motor juga tidak akan selincah memakai ban ukuran standar, karena traksi yang dihasilkan juga tidak sebaik menggunakan ban berukuran normal.

3. Berdampak pada Sejumlah Komponen

Ternyata, penggunaan ban yang ukurannya amat besar juga berdampak pada sejumlah komponen.

Layaknya yang sudah dijelaskan sebelumnya, ban berukuran besar dan lebar dikhawatirkan mampu kurangi tarikan motor dan terasa lebih berat.

Hal ini juga berdampak pada komponen didalam mesin seperti rantai atau van belt. Dikarenakan, kedua komponen tersebut mesti bekerja lebih berat lagi untuk membantu perputaran ban motor. Hal ini bisa memicu komponen itu lebih gampang aus.

4. Konsumsi BBM Lebih Boros

Paling akhir, penggunaan ban dengan ukuran yang lebih besar mampu memengaruhi bahan bakar sehingga lebih cepat habis. Soalnya, mesin harus bekerja ekstra dan membutuhkan mengonsumsi bahan bakar lebih banyak. Alhasil, bahan bakar menjadi cepat habis dan anda wajib sediakan uang lebih untuk mengisi bensin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.