Begini Caranya,Twit soal Tukar Sampah Bisa Jadi Uang Tunai Yang Sedang Viral

Begini Caranya,Twit soal Tukar Sampah Bisa Jadi Uang Tunai Yang Sedang Viral

global.gerbangindonesia.org – Begini Caranya,Twit soal Tukar Sampah Bisa Jadi Uang Tunai Yang Sedang Viral

Read More

Suatu unggahan memuat berita tentang adanya aplikasi yang bisa membuat sampah yang sudah tidak terpakai ditukar dengan uang, viral di media sosial pada Senin (28/2/2022).

Kabar tersebut diunggah oleh akun Twitter ini.

UBAH SAMPAH JADI DUIT. Kmu pasti punya botol bekas skincare, haircare, bodycare dll yang udah numpuk dan ga tau mau dikemanain. Daripada bingung, nih aku kasih tau caranya,” tulis pengunggah atau akun Twitter @syammaulanas_.

Tindakan ini mendapat respons yang cukup tinggi dari sejumlah pengguna Twitter.
Sampai Kamis (3/3/2022), twit tersebut telah diretwit sebanyak 15.200 kali dan disukai sebanyak 60.300 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Lalu, bagaimana cara untuk menukar sampah menjadi uang?

Sewaktu dikonfirmasi, pengunggah kenakan aplikasi Mallsampah yang sudah terinstal pada ponselnya.

Mallsampah adalah sistem siklus kembali sampah online yang menghubungkan pengguna dengan kolektor lokal terdekat, sehingga Kamu menjadi lebih ringan mengelola sampah-sampah non organik, layaknya botol plastik, kertas, logam dan banyak lagi.

Tidak cuman hal tersebut, dengan menggunakan Mallsampah, Kamu bisa mendaur   ulang sampah dengan dua cara yakni, dijemput langsung ke alamatmu (Pickup), atau bawa sendiri ke titik terdekat (Drop off).

Nih aku kenalin @mallsampah, sebuah platform digital yang mempertemukan para kolektor atau pengepul sampah dengan masyarakat penghasil sampah daur ulang baik perorangan maupun kantoran. Aku biasanya setor kemasan botol kosong/bekas pakai di sini,” ujar Syam Maulana , Rabu (2/3/2022).

Tidak hanya  uang tunai, sampah Kamu juga bisa ditukar di dalam bentuk MS Points disesuaikan keputusan. Menariknya, mahasiswa semester 8 berasal dari Universitas Hasanuddin, Makassar, ini sudah mengenal Mallsampah semenjak 2017. Tapi, ia baru memakai aplikasi Mallsampah pada akhir 2021.
“Saya kenal platform Mallsampah ini sejak 2017, namun saya baru menggunakan aplikasinya sejak akhir 2021,” lanjut dia.

Berikut tata cara menukarkan sampah Anda melalui aplikasi MallSampah.

1. Unduh atau download aplikasi MallSampah di PlayStore atau AppStore

2. Jika Anda belum memiliki akun, Anda bisa mendaftarkan diri dengan mengeklik “Masuk di sini”. Dan lakukan registrasi akun.

3. Jika sudah, pada halaman utama, pilih menu “Pick Up” di mana sampah Anda akan dijemput langsung di rumah Anda.

4. Kemudian, pilih jenis sampah seperti kertas, plastik, elektronik, besi, aluminium, atau botol kaca, sesuai sampah yang akan Anda tukarkan.

Adapun masing-masing jenis sampah juga akan terbagi menjadi sub jenis sampah. Berikut rinciannya:

  • Kertas, sub jenis sampah: koran, buku bekas, kertas putih/HVS, kertas warna/duplek, kertas buram, karton, dan kertas lainnya.
  • Plastik, sub jenis sampah: gelas plastik, gelas warna, botol bening, HD Blow, HD, Damar, Plastik lainnya, perabotan plastik, botol biru muda, dan botol warna.
  • Elektronik, sub jenis sampah: TV, kipas angin, laptop, handphone, mesin cuci, AC, kulkas, dispenser, rice cooker, printer, dan elektronik lainnya.
  • Besi, sub jenis sampah: besi tebal, besi tipis, kuningan, tembaga biasa, tembaga super, timah, kepala aki, aki, besi premium, besi lainnya.
  • Aluminium, sub jenis sampah: alma tipis, alma tebal, les, kaleng/seng, aluminium lainnya.
  • Botol kaca, sub jenis sampah: botol kecap, botol saos, botol sirup DHT, botol minuman keras besar, botol minuman keras kecil, dan botol kaca lainnya.

5. Tentukan juga berat sampah pada masing-masing jenis sampah.

  • Berat sampah di bawah 5 kg, mungkin saja Anda akan dikenakan biaya tambahan.
  • Untuk berat sampah di bawah 10 kg hanya dapat ditukarkan menjadi MS Points.
  • Untuk berat sampah melebihi 10 kg dapat ditukarkan menjadi uang tunai atau MS Points.

 

6. Jika sudah, Anda diminta untuk membubuhkan maksimal 3 foto sampah untuk mendapatkan bonus dari penjualan sampah Anda.

7. Nantinya akan tertera total berat sampah dan berapa banyak sampah yang Anda tukarkan. 8. Tuliskan informasi penjemputan seperti nomor ponsel Anda, dan alamat Anda. Anda bisa mengedit alamat dengan menekan tombol “Ubah”. Tentukan kota, kecamatan, kelurahan, dan kode pos.

9. Tentukan tanggal penjemputan sampah dan waktu penjemputan sampah.

10. Tuliskan informasi tambahan bila perlu.

11. Jika sudah, pilih “Selanjutnya”, aplikasi akan menghitung jumlah uang atau MS Point yang akan Anda dapatkan. Adapun hasil penjualan akan diberikan langsung setelah transaksi selesai. Anda juga bisa memilih metode pembayarannya. Perlu diketahui, setiap penjualan akan dikenakan biaya layanan sebesar 10 persen kepada pengguna.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.