BPJS Kesehatan Tarif Baru Apakah Jauh Lebih Murah?

BPJS Kesehatan Tarif Baru Apakah Jauh Lebih Murah

global.gerbangindonesia.org – BPJS Kesehatan Tarif Baru Apakah Jauh Lebih Murah?

Pemerintah akan mengubah penggolongan BPJS Kesehatan berdasarkan kelas jadi tunggal atau satu. Begitu juga tarifnya yang sempat mencuat angka Rp 75.000.

Anggota DJSN Iene Muliati mengatakan, untuk tarif saat ini masih belum bisa menjelaskan secara rinci. Gegara pembahasan masih terus dilaksanakan di internal pemerintah.

Masih Proses

“Tarif belum sampai sekarang, masih dalam proses. Karena butuh data kesehatan dan kriteria. Perhitungan dilakukan berbarengan, nggak bisa hanya satu-satu unsur,” ujarnya

Menurutnya, pembahasan tarif akan dilaksanakan bersama dengan Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan dan BPJS Kesehatan. Tetapi, baru bisa dilakukan sesudah uji coba kelas standar diterapkan.

Karena, sewaktu uji coba akan dilihat bagaimana pembiayaan yang tepat. Sehingga tidak ada pihak yang diberatkan, baik rakyat maupun keuangan negara agar akan dihitung berdasarkan kebutuhan dan biasa disaat uji coba nanti.

“Tarif (tunggal) sudah dibahas tapi saya belum bisa konfirmasi apapun karena masih dalam proses. Idealnya setelah lakukan uji coba, setelah itu pasti sudah keluar tarifnya. Setelah uji coba nanti pasti sudah bisa dilakukan perhitungan dari beberapa indikator dan aspek yang memang harus dihitung,” kata dia.

Lanjutnya, proses uji coba diharapkan bisa dilaksanakan di dalam bulan Februari nanti. Sementara ini proses pemetaan tempat rumah sakit yang siap dilaksanakan uji coba tetap dilaksanakan.

“Kalau sudah uji coba, pasti bisa dilakukan perhitungan. Jadi nanti strategi pembiayaan akan kita lihat dari hasil uji coba. Nanti pembiayaan seperti apa dan kita bisa sepakati strategi pembiayaannya,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.