Cara Cek IMEI iPhone Resmi atau Ilegal

Cara Cek IMEI iPhone Resmi atau Ilegal

global.gerbangindonesia.org – Cara Cek IMEI iPhone Resmi atau Ilegal . Sahabat admin , ketemu lagi bersama admin yang selalu setia menemani anda membaca artikel info-info baru

iphone punyai nomor International Mobile Equipment Identity (Imei) yang tentu ada di seluruh ponsel yang dipasarkan, slah satunya Iphone. IMEI sendiri merupakan nomor internasional yang jadi bukti diri perangkat ponsel tersebut sendiri.

Seluruh tipe ponsel yang ada di pasaran semuanya mempunyai IMEI yang terdiri berasal dari 15 digit angka. Operator seluler akan memakai nomor IMEI itu untuk mengidentifikasi ponsel yang tersambung ke jaringannya.

Diketahui, pada saat  ini masih berlimpah Iphone yang diperjualbelikan lewat jalur tidak formal atau ilegal agar nomor IMEI benar-benar berarti untuk diperiksa legalitasnya.

Di Indonesia sendiri, nomor IMEI bisa digunakan untuk ketahui apakah iphone yang dimiliki didistribusikan lewat jalur formal atau ilegal.

Jika nomor IMEI di iphone tidak terdaftar, maka bisa dipastikan bahwa iphone itu adalah barang yang ilegal. Iphone ilegal juga bisa saja tidak bisa dipakai untuk membuka internet, menelepon, atau mengirim Sms.

Nah, sesudah mengetahui bahwa nomor IMEI sangatlah penting untuk melacak jelas apakah iphone yang dimiliki didistribusikan lewat jalur formal atau ilegal, berikut cara mengecek IMEI di iphone.

Cara Cek IMEI di IPhone

Cara mengecek IMEI di Iphone ada 3 cara dan cukup mudah dilakukan. Cara pertama yaitu pengguna cukup perlu mengetahui nomor IMEI iPhone dulu lalu memeriksanya di kode USSD *#06# melalui dial ponsel.

Cara kedua yaitu nomor IMEI juga dapat dicek melalui menu pengaturan iPhone. Berikut caranya:

  • Klik menu ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Pengaturan”
  • Pilih “Umum” dan klik opsi “Mengenai”
  • Gulir layar ke bawah hingga menemukan kolom IMEI yang tertera 15 digit angka.

Kemudian, IMEI iPhone juga dapat dicek melalui situs milik Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Berikut caranya:

  • Buka tautan atau link cek IMEI Kemenperin
  • Di bagian awal halaman situs web, masukkan nomor IMEI iPhone di kolom yang tersedia
  • Klik ikon kaca pembesar
  • Jika muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”, maka dapat dipastikan bahwa iPhone tersebut didistribusikan melalui jalur resmi.

Tetapi sebaliknya, jika muncul tulisan “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin”, maka iPhone tersebut adalah barang yang ilegal.

Perlu diketahui, bahwa mengecek nomor IMEI di iPhone dengan cara-cara diatas tidak dapat digunakan untuk mengetahui apakah perangkat iPhone yang dimiliki asli atau abal-abal (HDC).
Tetapi cara cek IMEI di iPhone tadi juga hanya untuk mengetahui status pendistribusian iPhone, apakah barang tersebut ilegal atau resmi.

Untuk mengecek keaslian iphone yang dibeli bisa coba dengan cara-cara layaknya cek aplikasi, Os, tidak adanya tambahan memori eksternal, spesifikasi disesuaikan, layar, dan material Iphone.

Dengan mengecek bagian-bagian tadi, besar kemungkinan untuk mendaatkan iphone palsu juga akan jadi lebih minim.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.