Cara Penulisan Surat Pengunduran Diri

Cara Penulisan Surat Pengunduran Diri

global.gerbangindonesia.org – Cara Penulisan Surat Pengunduran Diri

Jika didalam tempo dekat anda ingin keluar  dari tempat pekerjaaan , anda kemungkinan akan memerlukan contoh surat pengunduran diri yang baik sebagai surat keterangan.

Dikarenakan akan jauh lebih baik bila anda bisa membawa dampak surat pengunduran diri yang tepat, dengan demikian anda bisa memberi tambahan kesan paling akhir yang baik pada corporate.

Mesti diingat bahwa didalam mengakibatkan surat pengunduran diri, anda terlebih dahulu perlu paham alasan keluar dari pekerjaan pada waktu ini. Nantinya alasan tersebut lah yang anda sampaikan secara resmi baik tersebut tertulis atau segera pada atasan atau Hrd.

Surat pengunduran diri amat signifikan bagi suatu corporate apabila karyawannya ingin berhenti, dikarenakan  dokumen formal tersebut yang akan menentukan sisa waktu anda atau lama bekerja bekerja anda di perusahaan tersebut.

Penyerahan surat pengunduran diri juga perlu dikerjakan pada waktu yang tepat dan mempunyai jangka sementara minimal dua minggu sebelum anda berhenti. Dikarenakan pihak menagement mesti mempersiapkan beragam macam surat-surat yang akan diberikan ke anda.

Bagaimana contoh surat pengunduran diri resmi yang baik dan benar?

DIkala menulis surat pengunduran diri, pada bagian awal anda tidak wajib menjelaskan panjang lebar terkait pengunduran diri anda. Hanya tulis posisi atau jabatan pengunduran diri anda dan masa efektifnya.

Pada bagian ini tidak wajib menjelaskan alasan pengundurkan diri, cukup laksanakan itut kepada atasan anda. Tidak jadi masalah jika membuatnya secara simple.

Contoh:

Yang Terhormat (Nama Bos Kamu atau nama Manajer HRD),

Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi bahwa saya mengundurkan diri dari posisi saya sebagai (posisi jabatan) di (Nama Perusahaan]. Hari terakhir saya adalah (tanggal hari terakhir).

Selanjutnya, kamu bisa tuliskan ucapan terima kasih kepada atasan atas kesempatan bekerja sama selama ini. Pada bagian ini cobalah menjelaskan beberapa hal utama yang kamu sukai dan pelajari selama bekerja. Kamu juga mungkin bisa menuliskan catatan atau kesan positif kepada rekan kerja yang masih bertahan.

Contoh:

Terima kasih banyak atas kesempatan untuk bekerja di posisi ini selama (lama waktu kamu bekerja). Saya sangat menikmati dan menghargai peluang yang saya miliki untuk (beberapa tanggung jawab pekerjaan favorit kamu), dan saya telah mempelajari (beberapa hal spesifik yang telah kamu pelajari saat bekerja), yang semuanya bermanfaat untuk karier saya.

Terakhir, nyatakan kesediaan kamu untuk membantu masa transisi yang terjadi di perusahaan sehubungan dengan resign yang kamu lakukan. Untuk hal ini kamu tidak perlu menjelaskan secara mendetail dan pastinya jangan menjanjikan apa pun yang tidak dapat kamu berikan. Tulis beberapa kalimat yang menyatakan bahwa kamu akan memastikan penyelesaian tugas. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu bertanggung jawab hingga masa kerja kamu berakhir.

Contoh:

Selama dua minggu terakhir ini, saya akan melakukan segala kemungkinan untuk menyelesaikan tugas saya dan melatih anggota tim lainnya. Beri tahu saya jika ada hal lain yang dapat saya lakukan untuk membantu selama transisi.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan saya mohon maaf. Saya berharap perusahaan terus sukses. Dan semoga kita bisa tetap menjaga komunikasi di masa depan.

Hormat kami,

(Nama kamu).

 

Agar lebih mudah dipahami, berikut contoh surat pengunduran diri lengkap  :

Kepada YTH,

Bapak Direktur PT Bhakti Insan Triguna

di tempat

Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi bahwa saya mengundurkan diri dari posisi saya sebagai Account Executive di PT Merdeka Bahagia. Hari terakhir saya adalah Kamis, 10 Maret 2021.

Terima kasih banyak atas kesempatan untuk bekerja di posisi ini selama enam tahun terakhir. Saya sangat menikmati dan menghargai peluang yang saya miliki untuk berkembang bersama tim penjualan. Saya menjadi bagian dari perusahaan dalam menciptakan produk yang hebat. Selama bekerja bersama tim, saya telah belajar banyak tentang strategi pemasaran dan digital. Pelajaran ini pasti akan saya bawa sepanjang karier saya.

Saya akan melakukan segala kemungkinan untuk menyelesaikan tugas saya dan melatih anggota tim lainnya selama dua minggu ke depan. Beri tahu saya jika ada hal lain yang dapat saya lakukan untuk membantu selama transisi ini.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan saya mohon maaf. Saya berharap perusahaan terus sukses. Dan semoga kita bisa tetap menjaga komunikasi di masa depan.

 

Hormat saya,

 

( Nama Anda )

 

Demikian contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar dari Admin. Semoga berguna.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.