Daftar Istilah Soal Kopi di Coffee Shop

Daftar Istilah Soal Kopi di Coffee Shop

global.gerbangindonesia.org – Daftar Istilah Soal Kopi di Coffee Shop

Beberapa orang tentusering ke coffee shop, entah buat nongkrong, ngerjain tugas kuliah, atau bekerja. Namun penasaran nggak sih, disaat ngopi , kita kepikiran, apa bedanya espresso dan ristretto? Kok kayaknya mirip saja, rasanya mirip-serupa getir dan dihidangkan dengan gelas kecil? Atau malah ada yang belum sadar apa sih espresso itu? Jika anda belum jelas , syukurlah, anda tengah membaca artikel yang tepat.

Di sini saya memang mau membahas istilah yang kerap digunakan orang-orang di coffee shop, atau istilah yang serng digunakan oleh penikmat kopi waktu tengah membicarakan perihal kopi. Apa saja itu ? Berikut di antaranya.

#1 Shot

Istilah ini digunakan untuk menyebut satuan espresso. Satu shot takarannya 25-35 ml. Kalau double shot takarannya menjadi 45-60 ml atau dua kali lipat dari satu shot.

Misalnya nih, barista Starbucks biasanya bertanya “pakai extra kopi?” Kamu bisa jawab “satu shot”. Itu artinya, mereka akan menambahkan 25-35 ml espresso lagi ke dalam minuman yang kamu pesan.

#2 Decaf

Singkatan dari decaffeinated. Artinya, kopi yang sudah dihilangkan kafeinnya. Harga kopi jenis ini biasanya lebih mahal. Orang yang nggak bisa minum kafein tapi ingin tetap ngopi bisa menggunakan kopi decaf.

#3 Dry

Sesuai artinya “kering”. Dry merujuk pada minuman kopi yang tidak mengandung susu, tapi hanya busa/foam susu.

#4 Wet

Kebalikan dari dry. Wet merujuk pada minuman kopi yang dicampur dengan susu dalam jumlah yang banyak tanpa adanya foam.

#5 Acidity

Digunakan untuk menyebutkan tingkat keasaman pada kopi.

#6 Balance

Istilah untuk menggambarkan tingkat keseimbangan rasa dari kopi, seperti kepahitan dan keasamannya.

#7 Body

Body dalam dunia kopi menggambarkan bagaimana rasa kopi di mulut, seperti tingkat kekentalannya. Kan ada tuh kopi yang rasanya di mulut kental banget, ada yang oily, dan ada yang encer banget.

#8 Blend

Digunakan untuk menyebut kopi yang terdiri dari dua atau lebih biji kopi berbeda yang dicampur jadi satu.

#9 Ekstraksi

Dalam dunia kopi, ekstraksi mengacu pada rasa yang dihasilkan dari proses penyeduhan kopi. Air dan kopi yang diseduh menghasilkan zat-zat lain yang akan membuat rasa dari kopinya berbeda-beda. Nah, proses inilah yang disebut ekstraksi.

#11 Cupping

Proses mengobservasi rasa kopi. Fungsi cupping untuk menguji atau mengklasifikasi kualitas kopi, mulai dari jenis kopi sampai hasil sangrai kopinya. Semua diobservasi agar tahu aroma, rasa, dan profil kopinya.

#12 Hulling

Proses pengelupasan kulit buah kopi.

#13 Roasting

Proses pemanggangan biji kopi mentah sampai matang (tingkat kematangannya disesuaikan dengan keinginan coffee shop).

#14 Tamping

Proses pemadatan bubuk kopi ke dalam portafilter (wadah seperti gayung tapi kecil yang biasanya kita lihat saat barista membuat espresso).

#15 Espresso

Minuman kopi yang dihasilkan dengan menggunakan tekanan tinggi dari air panas dan kopi yang digiling halus. Mesin espresso sangat berpengaruh terhadap hasil dari rasa dan teksture espresso-nya. Oleh karena itulah, meskipun Starbucks dan Janji Jiwa punya menu sama bernama espresso, tapi karena mesin yang digunakan berbeda, rasa dan tekstur secangkir espressonya juga berbeda.

#16 Ristretto

Istilah ini diambil dari bahasa Italy yang artinya terbatas. Sama dengan artinya, ristretto adalah minuman kopi yang dihasilkan dengan menggunakan tekanan tinggi dari air panas dan kopi yang digiling halus. Hanya saja, proses ekstraksinya lebih singkat/terbatas daripada espresso.

# 17 Lungo

Sama dengan espresso, tapi proses ekstraksinya lebih lama. Jika espresso umumnya diekstrasi maksimal 30 detik, ristretto maksimal 15 detik, lungo ekstraksinya maksimal 1 menit.

#18 Americano

Minuman kopi yang dihasilkan dari espresso yang dicampur dengan air panas. Caranya dengan menyiapkan espresso terlebih dahulu, lalu menambahkan air panas sesudahnya. Kalau ingin disajikan dingin, setelah proses espresso dan air tercampur bisa ditambahkan es batu. Lantaran pelopor minuman ini adalah orang Amerika, makanya dinamakan americano.

#19 Long black

Sebenarnya sama dengan americano. Hanya saja, cara pembuatannya sebaliknya, yaitu dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu, setelah itu tuangkan espressonya ke dalam air tersebut. Meskipun tampaknya sepele, tapi perbedaan cara menuang bisa mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Jika americano dari Amerika, long black ini berasal dari Australia dan Selandia.

#20 Cappucino

Minuman kopi yang dibuat dengan campuran espresso, steam milk dan buih/foam susu dengan jumlah takaran yang sama.

#21 Cafe latte

Secara bahan sebenarnya sama dengan cappucino, tapi berbeda jumlah takarannya saja. Latte adalah minuman yang terbuat dari campuran espresso, dengan steam milk dan buih/foam susu yang lebih banyak (takaran susunya lebih banyak daripada kopinya)

Jika di coffee shop ada tulisan vanilla latte, itu berarti minuman latte yang diberi sirup Vanilla. Kalau sirupnya hazelnut, nama minumannya jadi hazelnut latte.

#22 Macchiato

Minuman kopi yang terbuat dari espresso yang diberi sedikit cream susu di atasnya. Jika kamu menemukan menu di starbcuks bernama caramel macchiato, itu artinya minuman macchiato yang dicampur dengan sirup caramel, ya.

#23 Mocha

Minuman kopi yang dibuat dari espresso, coklat, dan susu dalam jumlah yang sama.

#24 Affogato

Espresso yang diberi es krim atau bisa juga gelato. Biasanya, rasa es krimnya vanilla.

#25 Cold Brew

Digunakan untuk menyebut metode pembuatan kopi yang dilakukan dengan cara membiarkan bubuk kopi bercampur dengan air dingin selama 12 sampai 24 jam. Setelah 24 jam, bubuk kopi dan air yang bercampur disaring dan jadilah kopi cold brew yang nikmat.

#26 Drip coffee

Ini istilah untuk menyebut metode pembuatan kopi dengan cara menetes. Metode ini dilakukan dengan menuangkan air panas ke dalam kopi yang ditaruh di dalam filter agar airnya menetes perlahan ke wadah/ teko. Contohnya, sepeti vietnam coffee.

#27 Pour over

Mirip drip coffee, tapi dalam pour over air panas dituangkan pelan-pelan ke dalam bubuk kopi yang ada di dalam kertas saring dan langsung meresap masuk ke dalam wadah/teko. Contohnya, seperti kopi yang dibuat dengan V60, chemex, atau kalita wave.

#28 Vacum brewer

Metode penyeduhan kopi yang menggunakan teknik suction yang dihasilkan oleh uap panas yang mengalir melalui pipa kapiler sehingga membasahi kopi yang berada di wadah tabung. Di tahap itulah proses brewing kopinya berlangsung. Alat yang biasa digunakan untuk metode vacum adalah syphone.

#29 Press pot

Metode seduh yang menggunakan teknik pres/tekanan untuk menghasilkan secangkir kopi nikmat. Contoh alatnya adalah french press dan aero press.

Itulah  istilah – istilah yang kerap digunakan di dalam dunia kopi. Manakah yang paling asing di telinga anda?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.