Dampak Kebiasaan Isi BBM Tidak Sampai Penuh

Dampak Kebiasaan Isi BBM Tidak Sampai Penuh

global.gerbangindonesia.org – Dampak Kebiasaan Isi BBM Tidak Sampai Penuh.  Apakah anda tahu ! Jangan dibiasakan isi BBM tidak sampai penuh, simak info artikel admin ini.

Tangki bahan bakar pada sepeda motor menjadi salah satu komponen yang minim perawatan. Meski begitu, bukan signifikan alat penampung bensin ini tidak bisa rusak.

Ada berlimpah faktor yang sebabkan tangki BBM tidak awet. Salah satunya norma mengisi bensin tidak hingga penuh.

Karena, norma mengisi bensin ternyata berimbas pada keawetan tangki atau pompa bensin. Berkurangnya jumlah bahan bakar pada tangki membawa dampak terjadinya proses kondensasi atau pengembunan.

Dampak Kebiasaan Isi BBM Tidak Sampai Penuh

“Jangan sering-sering tangki itu kosong, kita hidup di negara tropis, kelembapan tinggi pada saat bensin itu kosong malamnya dingin ada cenderung kondensasi. Ada risiko karat,” ucap Aji Handoko, Manager Technical and Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (3/2/2022).

Menurutnya, kondensasi inilah yang bisa jadi penyebab primer timbulnya kotoran pada tangki Bbm. Kotoran yang muncul di tangki BBM mobil bisa berbahaya dan bisa merusak komponen layaknya pompa dan filter Bbm.

“Kedua ada risiko water hammer karena airnya tersedot ke pompa bahan bakar. Karena karatan akhirnya filter buntu, atau karena ada air selain karat di situ,” ujar Aji.

Dampak Kebiasaan Isi BBM Tidak Sampai Penuh

“Cenderung motor motor yang cuma diisi 1 liter habis, itu lebih berisiko kesitu (karatan), terjadi kondensasi,” kata dia dia.

Untuk menghindari risiko tangki bbm berkarat, menurutnya pemilik sepeda motor disarankan mengisi BBM secara penuh.

“Kalau mau sehat, (tangki bensin) separuh diisi lagi, apalagi teman teman yang hobi motor itu saya sarankan untuk diisi penuh,” kata Aji.

Demikian pesan dari Admin, semoga bermanfaat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.