Hati-hati Dealer Nakal, Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Mobil Baru Dikirim

Hati-hati Dealer Nakal, Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Mobil Baru Dikirim

global.gerbangindonesia.org – Hati-hati Dealer Nakal, Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Mobil Baru Dikirim

Saat yang paling bahagia sebagai pembeli mobil adalah ketika mobil baru yang dibeli dikirim ke tempat tinggal, dikarenakan nantinya mobil itu telah bisa dipakai, untuk keperluan mobiltas. Namun jangan sampai  moment senang itu, berubah menjadi peristiwa kecewa, sebab tidak melaksanakan pengecekan yang teliti selagi serah menerima mobil baru.

Biasanya pihak diler memiliki standar untuk pengiriman unit mobil ke konsumen, seperti  pre delivery inspection yang perlu dilakuakan diler untuk memastikan unit yang dikirim ke konsumen, tidak mengalami persoalan dan kondisinya benar-benar baru.

Tiap-tiap mobil yang akan dikirim ke konsumen juga tentu lewat proses PDI ini, berupa pengecekan paling akhir dari pihak diler untuk memastikan tidak ada kerusakan dan kendaraan siap pakai pada saat serah terima kendaraan.

Periksa Bagian-bgian Mobil

Nah agar tidak kecewa saat terima unit, oleh karena itu sebelum serah terima mobil, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Dilansir dari laman Mitsubishi, Kamis 10 Maret 2022, pertama yakni cek di tiap tiap sisi mobil terutama di bagian luar, periksa apakah keadaan bodi mobil dan cat sesuai ekspektasi.

Jika ada yang dirasa tidak cukup memuaskan seperti ada baret atau jarak bodi yang renggang, maka bisa segera ditanyakan ke pihak diler dan meminta pertanggungjawaban dari mereka.

Sesudah memastikan situasi luar mobil kondusif, maka jangan lupa cek kondisi bagian dalam kabin. Umumnya mobil baru akan dikirimkan lengkap dengan plastik pembungkus di bagian dalam mobil.

Lepaskan seluruh pembungkus untuk memastikan tidak ada noda atau barang yang tidak cukup lengkap, periksa juga situasi ban cadangan dan seluruh kelengkapan buku manual, dan juga toolkit dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) ada di di dalam mobil.

Nah ketika mengecek interior, cek juga odometer, memang sulit mobil benar-benar 0 Km, namun jarak tempuh yang wajar adalah di bawah 50 km. jangan lupa tes jalan untuk memastikan tidak ada bunyi-bunyi, di sektor kaki-kaki dan juga mesin yang mengganggu.

Ketika tes jalan periksa fitur dan perangkat di dalam mobil berjalan normal, cek seluruh fitur seperti lampu-lampu berfungsi normal, perangkat audio, sampai ke fungsi pendingin atau AC mobil.

Jika seluruh berfungsi normal dan tidak ada bunyi-bunyi, atau persoalan lain, maka mobil bisa dilakukan pengetesan.

Serah Terima Unit Sebaiknya Dilakukan Siang Hari

Sewaktu proses serah terima ini, pihak dealer penting untuk memberi tambahan ilmu dasar tentang kendaraan baru kepada konsumen, biasanya terkait cara pengoperasian, dan fitur-fitur umum.

Ada baiknya, serah terima mobil dijalankan siang hari. Memang dari pihak diler selalu tekankan pengiriman mobil ke konsumen di siang hari, tapi dikarenakan keterbatasan waktu konsumen, pesanan dikirim malam hari sehabis pulang kerja.  Hal ini sebaiknya dihindari, usahakan serah terima unit dikerjakan pada siang hari.

Tujuannya untuk bisa melaksanakan pengecekan dengan akurat di saat hari masih terang.

Kelengkapan Surat-surat

Paling akhir adalah memastikan seluruh surat-surat seperti STNK dan pelat nomor telah lengkap dan disesuaikan nomor rangka dan juga nomor mesin mobil.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.