Heboh ! Hujan Es Terjadi di Sejumlah Daerah di RI Hari Ini, Berikut Daftarnya

Heboh ! Hujan Es Terjadi di Sejumlah Daerah di RI Hari Ini, Berikut Daftarnya

global.gerbangindonesia.org – Heboh ! Hujan Es Terjadi di Sejumlah Daerah di RI Hari Ini, Berikut Daftarnya 

Hujan es landa sejumlah daerah di Indonesia hari ini. Hujan es tersebut melanda di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sampai Surabaya, Jawa Timur. Berikut daftarnya:

1. Surabaya

Hari ini, Surabaya juga mengalami hujan es. Hujan es ini berjalan kira-kira pukul 14.50 Wib.

Hujan es tersebut melanda kawasan Surabaya Barat. Lokasi yang dilanda hujan es adalah Wiyung, Lontar, Bukit Villa Mas, dan Gunung Sari.

“Iya, ada hujan es,” kata seorang warga, Mukti,

Menurut dia, butiran es tersebut sebesar kelereng dan suaranya kencang di genting.

“Suaranya klotak-klotak di genting. Saya terjebak di Wiyung,” tambahnya.

Penjelasan BMKG

Kasi Data dan Info BMKG Klas I Juanda Sidoarjo Teguh Tri Susanto mengatakan kenyataan hujan es atau hail ini disebabkan adanya awan Cb yang Menjadikan hujan lebat yang masih berupa partikel padat baik es atau hail terjadi, tergantung pembentukan dan perkembangan awan CB itu.

“Hujan es ini berasal dari awan cumulonimbus dengan cakupan luasan 3 hingga 5 kilometer,” kata Teguh di Surabaya, Senin (21/2).

Teguh memberi tambahan hujan es biasanya berjalan di dalam waktu yang singkat. Yakni mulai 3 sampai 5 menit saja.

Tak sekedar itu saja, hujan es ini berjalan gara-gara adanya updraft atau genre udara naik didalam awan cumulonimbus yang terlalu kuat. Updraft yang kuat ini lantas membawa dampak awan tumbuh dengan menjulang tinggi lebih berasal dari 5 km.

“Ketika uap air dari bagian bagian bawah awan tertarik ke atas melewati lapisan titik beku atau freezing level, maka terjadi pengembunan secara tiba-tiba,” papar Teguh.

Kemudian, akan berjalan proses pembentukan es dengan ukuran terlalu besar. Teguh menyebut ukuran es yang terlampau besar akan jatuh ke bagian bawah awan dan akan meluruh.

“Saat jatuh ke permukaan bumi, butiran es tidak sepenuhnya mencair tetapi masih ada yang berbentuk es,” jelasnya.

2. Madiun

Tak sekedar di Surabaya, hujan es juga berlangsung di Madiun. Hujan es berlangsung di beberapa wilayah Madiun.
“Betul dapat info telah terjadi hujan es di sebagian wilayah Kabupaten Madiun sore ini sekitar pukul 15.30 WIB,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Madiun, Muhammad Zahrowi, Senin (21/2).

Wilayah yang diguyur hujan es, lanjut Zahrowi, salah satunya berlangsung di Kecamatan Kebonsari. Antara lain di Desa Pucanganom.

“Sekitaran Desa Pucanganom, Kecamatan Kebonsari, saat ini di guyur hujan es untuk desa lainnya kita masih cari info belum ada laporan,” terang Zahrowi.

“Masih kondusif, belum ada laporan terdampak, semoga aman,” tandas Zahrowi.

3. Karanganyar

Hujan es juga melanda wilayah Jawa Tengah. Tepatnya, hujan es berlangsung di Karanganyar.

Hujan es seukuran kerikil terjadi sekira pukul 15.30 WIB di Kecamatan Ngargoyoso dan Karangpandan.

“Habis azan Asar langsung hujan deras, suara ‘klothak-klothak’ setelah saya lihat ternyata hujan es. Ukurannya ya seukuran kerikil kecil-kecil,” terang salah seorang anggota Relawan Karangpandan (Reka) Parno (38), saat dihubungi, Senin (21/2).

Pria yang akrab disapa Gareng ini menyampaikan hujan es berjalan selama kurang lebih 15 menit. Gareng memberi tambahan hujan es juga disertai angin kencang berlangsung di sejumlah wilayah, terutama di wilayah Ngargoyoso dan Karangpandan.

“Setahu saya Serandon, Ngargoyoso bagian selatan dan juga di Karangpandan,” paparnya.

4. Kabupaten Cianjur

Tidak cuman tersebut, hujan es melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kenyataan ini berlangsung usai hujan deras mengguyur Cianjur kira-kira pukul 15.00 Wib. Tidak lama berselang, butiran es pun berjatuhan.

Dilansir detikjabar, Pulpul Firdaus (38), warga Kecamatan Cianjur, mengaku awalnya mendengar melodi benturan benda di atas genting. Pas dilihat, ternyata butiran es sebesar kelereng berjatuhan.

“Dikira hujan deras saja, ternyata hujan es juga. Butiran esnya sebesar kelereng,” ucap dia, Senin (21/2).
Menurutnya, hujan es tersebut tidak sampai merusak genting, tapi kendaraan yang terparkir di halaman mengalami lecet.

“Kalau kerusakan tidak ada, hanya mobil ada lecet di bagian atap, karena memang banyak butiran es yang jatuhnya. Tapi hanya sedikit lecetnya,” kata dia.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Rudi Labis mengatakan hujan es berjalan tidak hanyalah di Kecamatan Cianjur, tetapi juga di Kecamatan Cilaku. Meski begitu, belum ada laporan rusaknya serius implikasi momen ini.
“Total ada dua kecamatan yang mengalami hujan es. Tapi tidak ada dampak serius,” kata Rudi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.