Jadi Lebih Bahagia ! Jika 4 Tips Menghilangkan Kebiasaan Mengeluh, Dijalankan

 

Jadi Lebih Bahagia ! Jika 4 Tips Menghilangkan Kebiasaan Mengeluh, Dijalankan

global.gerbangindonesia.org – Jadi Lebih Bahagia ! Jika 4 Tips Menghilangkan Kebiasaan Mengeluh, Dijalankan

Perilaku Mengeluh memang wajar dan manusiawi. Namun, jika terbiasa bisa berdampak buruk bagi kehidupan. Kerap mengeluh bisa membuatmu tidak disukai oleh orang banyak, dikarenakan mereka capek mendengar keluhan yang enggak berhenti-berhenti.

Tak sekedar itu saja, biasanya orang yang mengeluh punya hidup yang tidak cukup senang dikarenakan pikiranmu menjadi negatif melulu. Untuk menghilangkan kebiasaan mengeluh, ada tips yanga bisa anda terapkan.

Berikut 4 tips menghilangkan kebiasaan mengeluh yang bisa membawa dampak hidupmu menjadi lebih puas !

1. Latih rasa syukur

Tips pertama menghilangkan kebiasaan mengeluh yang berlebihan, yakni latih rasa syukur. Ada banyak kenikmatan yang Tuhan beri dan tidak anda sadari. Misalnya saja, nikmat sehat. Baru mengetahui pentingnya kesehatan ketika telah sakit.

Inilah pentingnya rasa syukur. Dengan memperbanyak syukur, anda menjadi lebih aware pada kondisi sekelilingmu dan membuatmu melihat ada berlimpah hal positif didalam hidup ini yang kerap kali anda lupa untuk disyukuri.

Dengan bersyukur, anda menjadi bisa menggeser perhatianmu pada hal-hal positif dan itu bisa mengurangi kebiasaan mengeluh.

2. Hindari overthinking

Kerap kali persoalan yang anda keluhkan menjadi terasa terlampau rumit implikasi dari overthinking. Misalnya, ketika anda mengeluh kepada teman perihal sikap pasangan yang kerap bikin jengkel.

Padahal, bisa saja anda meng-komunikasikannya bahwa sikap atau perilakunya tersebut tidak anda sukai, bisa menjadi dia segera berhenti melakukannya. Sayangnya, anda sendiri yang memperumit kondisi. Bukannya berterus terang, malah mengeluh ke sana-sini.

3. Perhatikan kondisi orang yang kurang beruntung dibanding kamu

Terkadang anda lupa mensyukuri yang anda mempunyai gegara selalu mendonggak ke atas. Selalu melihat kehidupan orang lain yang tampak jauh lebih maju dan sempurna darimu.

Padahal, jika anda saksikan ke bawah, ternyata kondisimu itu jauh lebih beruntung. Itulah sebabnya mesti untuk sesekali melongok keadaan mereka yang tidak cukup beruntung darimu sehingga bisa bersyukur.

4. Hindari perfeksionis

Menuntut kesempurnaan bisa membuatmu sulit terima kekurangan. Itu disebabkan, anda menjadi sering banget mengeluh pada hal-hal yang di luar kendalimu.

Mulai sekarang, cobalah tak menuntut dirimu amat keras. Jangan berharap terlalu sempurna, tetapi lakukanlah semaksimal mungkin yang anda bisa. Ketika hasilnya tak sesuai dengan asa, setidaknya anda bangga sudah membuat usaha yang terbaik.

Itulah 4 tips menghilangkan kebiasaan mengeluh yang bisa anda coba dan jalankan dalam keseharian. Jika anda dapat menghilangkan kebiasaan itu, hidup menjadi lebih puas !

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.