Kabar Baik, Android akan Arsipkan Aplikasi untuk Hemat Memori Smartphone !

global.gerbangindonesia.org – Kabar Baik, Android akan Arsipkan Aplikasi untuk Hemat Memori Smartphone !

Google menemukan solusi baru untuk membebaskan atau menghemat memori di smartphone Android. Didalam blog yang diunggah 8 Maret, Google menjelaskan, pihaknya mulai mengerjakan suatu fitur baru.

Fitur ini sangat mungkin aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone Android untuk diarsipkan. Maksudnya?

Oleh karena itu, ketika seorang pengguna mengarsipkan suatu aplikasi yang tak lagi kerap dipakai, Android akan meng-uninstal lebih dari satu aplikasi itu.

Uninstal lebih dari satu aplikasi artinya Android tidak benar-benar menghapus aplikasi yang dimaksud dari smartphone. Google meyakinkan, aplikasi-aplikasi yang sudah diarsipkan bisa membebaskan 60 prosen memori yang dihabiskan untuk aplikasi itu.

Ambil contoh, jika kapasitas suatu aplikasi 1gb, ketika pengguna mengarsipkannya, memori yang dihemat adalah 600mb.

Product Manager Google Lidia Gaymond dan Vicki Amin mengungkap, “Pengarsipan adalah fungsi baru yang memungkinkan pengguna mendapatkan kembali sekitar 60 persen penyimpanan dengan menghapus sementara bagian-bagian aplikasi, tanpa menghapus aplikasi sepenuhnya.”

Dia menyebutkan, aplikasi yang diarsipkan akan tetap ada di Android. Pengguna bisa dengan mudah mengembalikannya ke versi terbaru yang telah ada di toko aplikasi.

Untuk menyimpan data yang menempel di aplikasi, Android akan membuat arsip APK dari aplikasi yang sudah diarsipkan. Pengguna bisa memulihkan data yang disimpan di dalam aplikasi, mulai dari nama pengguna, sandi, catatan, atau foto sewaktu mereka mengaktifkan lagi aplikasi itu.

Bakal Rilis Akhir 2022

Fitur arsipkan aplikasi ini terbilang sangat berguna. Pasalnya pemilik smartphone Android tak mesti menghapus aplikasi secara berkala untuk memulihkan beberapa memori perangkatnya.

Mereka juga tidak wajib lagi memperluas ruang penyimpanan eksternal di ponsel mereka memakai kartu Micro sd atau apalagi mengganti smartphone dengan memori lebih besar.

Pengarsipan aplikasi bakal ada di Android pada akhir 2022. Fitur ini ditengarai jadi fitur baru pada update Android 13 yang versi finalnya dijadwalkan akan rilis September mendatang.

Pada saat ini, implementasi pengarsipan aplikasi masih dalam termin awal. Google sudah mulai membuat APK yang diarsipkan ada bagi seluruh pengembang menggunakan App Bundle, format rilis untuk Google Play.

Usung Manfaat Bagi Pengguna dan Pengembang Android

Kabar Baik, Android akan Arsipkan Aplikasi untuk Hemat Memori Smartphone !

“Kami kini mulai membuat APK yang diarsipkan. Kemampuan ini tidak akan berfungsi hingga fitur pengarsipan tersedia untuk konsumen di akhir tahun,” kata pihak Google.

Dikatakan, fitur pengarsipan aplikasi akan memberi faedah besar bagi pengguna dan pengembang Android.

“Alih-alih menghapus instalasi aplikasi, pengguna bisa mengarsipkannya dan mengosongkan ruang untuk sementara, nantinya pengguna juga bisa mengaktifkan kembali aplikasi dengan cepat dan mudah,” kata Google.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.