Kebiasaan Dan Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Kebiasaan Dan Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

global.gerbangindonesia.org – Kebiasaan Dan Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung. Salam global untuk semua,  semoga kalian semua dalam keadaan Fun. Kali ini admin global memberika artikel tips menjaga kesahatan. Baca sampe tuntas !

Pantangan bagi penderita gangguan asam lambung meliputi pola makan dan pola tidur tak sehat yang bisa jadi pemicu naiknya asam lambung.

Naiknya asam lambung ke kerongkongan bisa menimbulkan sensasi tak mengasyikkan contohnya mual, muntah, mulut terasa getir, sampai sensasi heartburn yang berupa dada terasa panas dan sesak.

Dilansir dari Very Well Health, gangguan heartburn yang kronis bisa merubah kwalitas hidup anda.

Heartburn Bisa menyebabkan anda menjadi membatasi makanan favorit, menganggu waktu tidur, dan turunkan kwalitas kerja.

Gangguan asam lambung yang memicu heartburn kronis kerap diasosiasikan dengan Gerd. Dan GERD bisa disembuhkan dengan obat-obatan juga pengaturan pola hidup, menghindari pantangan-pantangan bagi penderita gangguan asam lambung.

Berikut ini pantangan bagi penderita gangguan asam lambung yang mesti dihindari :

1. Makan berlebihan

Kebiasaan Dan Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Makan berlebihan atau makan di dalam porsi besar bisa menyebabkan perut melar.

Perut yang membesar ini akan menekan otot terbawah dari esofagus atau lower esophageal sphincter (Les). Tekanan pada LES inilah yang akan membuat heartburn.
Oleh karena itu , agar gangguan tak kerap kambuh, makanlah dalam porsi kecil atau sedang, tapi sering.

2. Makan terlalu cepat

Makan terlampau cepat mengakibatkan saluran cerna tak bisa maksimal di dalam merombak makanan. Kerja saluran cerna yang tidak optimal ini akan sebabkan heartburn.

Supaya kita tidak makan amat cepat, cobalah mengambil gigitan atau suapan kecil, dan kunyahlah 20 kali sebelum menelan makanan.

3. Mengonsumsi makanan yang memicu asam lambung

Ada beberapa makanan bisa yang membuat naiknya asam lambung ke kerongkongan. beberapa makanan tersebut yang sebabkan LES lebih rileks, dan beberapa menyebabkan produksi asam lambung berlebihan.

Makanan yang merilekskan LES dan sebabkan asam lambung naik ke esofagus adalah gorengan, makanan tinggi lemak, makanan dengan tesktur creamy, product susu, cokelat, peppemint, dan kafein.

Sedangkan makanan yang bisa membuat produksi asam lambung berlebih adalah kopi, minuman soda, alkohol, makanan pedas, saus tomat.

4. Langsung berbaring selepas makan

Setelah makan janganlah segera berbaring. Ketika Kamu segera berbaring di dalam situasi perut penuh, maka LES akan tertekan dan asam lambung akan naik ke esofagus. Supaya GERD tak kambuh, beri waktu dua sampai tiga jam selepas makan baru Kamu bisa naik ke tempat tidur untuk beristirahat.

5. Tidur tak menggunakan bantal

Kebiasaan Dan Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Jika Kamu kerap menderita gangguan asam lambung, jangan dulu tidur terlentang tanpa memakai bantal.  Posisi tidur yang sejajar akan memicu asam lambung gampang naik ke esofagus. Maka dari itu agar GERD tak kerap kambuh, gunakan bantal tinggi untuk tidur atau berbaring.

6. Menggunakan pakaian dan celana terlalu ketat

Mengenakan celana jeans atau kaus ketat juga bisa menekan rongga perut. Ketika perut tertekan maka asam lambung bisa berbalik ke kerongkongan dan mengakibatkan heartburn.

Selain enam pantangan di atas, sebaiknya hindari pula norma merokok, minum alkohol, dan stres yang dibiarkan terjadi benar-benar lama tanpa solusi. Ketiganya ini bisa menyebabkan produksi asam lambung berlebihan.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.