Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Hidup Rumit Diri Sendiri, Hentikan !

Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Hidup Rumit Diri Sendiri, Hentikan !

global.gerbangindonesia.org – Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Hidup Rumit Diri Sendiri, Hentikan !

Kita hidup di dunia yang berubah-ubah dan akan terus terjadi. Misalnya, ketika dewasa kita dihadapkan pada kasus-kasus yang kompleks. Hal tersebut mengharuskan kita menghadapi dan mencari solusi akan kasus itu.

Tanpa disadari, perubahan ini memicu hidup kita jadi terasa rumit. Padahal, semakin kita yang membuat hidup semakin rumit, akan lebih rentan dengan kecemasan, ketakutan, atau lebih-lebih stres.

Oleh Karena itu , jadikanlah hidup lebih simple, tanpa terlalul fokus pada rumitnya hidup ini perlu dijalankan.

Lalu apa saja sih hal-hal yang tanpa disadari yang membuat hidup rumit? Simak daftarnya di bawah, ya!

 1. Berusaha memenuhi ekspektasi orang lain

Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Hidup Rumit Diri Sendiri, Hentikan !

Apakah anda pernah berpikir mau hidup untuk memenuhi ekspektasi orang lain?

Jika anda dulu merasa seperti itu, mending jangan lakuin lagi deh, karena ini hanyalah akan bikin hidup menjadi rumit.

Berusaha memenuhi ekspektasi orang lain hanyalah akan membawa dampak anda terbebani merintis kehidupan sehari-hari.

Hal ini terjadi dikarenakan anda selalu berusaha untuk gak buat kesalahan supaya diterima dengan baik. Walaupun sekilas terlihat hati-hati, tetapi dalam jangka panjang anda bisa kehilangan jati diri.

Supaya gak berakibat buruk, coba deh kendalikan ekspektasi diri sendiri maupun orang lain. Misalnya dengan menjalankan sesuatu atas dasar hati nurani, jadi diri sendiri, atau melaksanakan hal yang menurutmu baik. Supaya, anda akan terhindar  dari perasaan tertekan atau stres.

2. Terus-menerus berkutat dengan pikiran negatif

Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Hidup Rumit Diri Sendiri, Hentikan !

Pikiran negatif sebenarnya hal yang wajar dialami oleh kebanyakan orang. Bahkan jika kita  melihat dari sudut pandang baru dari pikiran negatif ini, akan ada manfaatnya. Misalnya, dengan membayangkan hal buruk yang terjadi, kita akan lebih waspada atau hati-hati.

Walaupun begitu, membiarkan pikiran negatif tetap berlarut, ini malah mengakibatkan hidup ribet. Karena, Kita akan lebih rentan merasakan stres. Tidak hanya itu saja , pada akhirnya pikiran negatif akan kurangi motivasi kita melaksanakan perubahan positif di dalam hidup.

Biar pikiran negatif itu gak bikin ribet, kita mesti mengontrol perasaan tersebut. Mungkin dengan menuliskan perasaan negatif tersebut, refreshing, atau mencoba fokus pada kekuatan diri. Walaupun gak mudah dijalankan, pelan-pelan anda tentu bisa melawan perasaan negatif itu.

3. Menjalani pola hidup yang gak sehat

Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Hidup Rumit Diri Sendiri, Hentikan !

Gaya hidup punyai efek besar pada kesehatan fisik maupun mental. Ini mengacu pada perilaku dan fungsi individu sehari-hari seperti kebahagiaan, pekerjaan, diet, atau apalagi kesibukan tertentu. Sayangnya, masih banyak orang yang kerap menerapkan gaya hidup yang gak sehat.

Padahal, gaya hidup yang gak sehat malah membuat  hidup rumit. Contohnya, menerapkan pola makan yang gak teratur, kebiasaan tidur yang buruk, atau lebih-lebih kecanduan perangkat teknologi.

Walaupun terlihat sepele, dalam jangka panjang ini bisa menimbulkan beragam kasus kesehatan.

Biar gak bikin rumit, mengubah gaya hidup buruk jadi lebih sehat harus dilaksanakan. Misalnya, dengan kurangi makan junk food dan beralih mengkonsumsi makanan sehat, waktu tidur yang cukup, dan sebagainya. Jika terasa sulit, anda bisa mengubah kebiasaan tersebut secara perlahan.

4. Gak peduli dengan kritikan orang lain

Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Hidup Rumit Diri Sendiri, Hentikan !

Di dalam kehidupan, kita memang harus memfilter komentar baik atau buruk yang disampaikan oleh orang lain. Misalnya, jikalau kritik tersebut bersifat menjatuhkan, kita boleh mengabaikan. Tapi, jikalau kita amat mengabaikan kritikan orang lain, ini yang justru bikin hidup rumit.

Karena, gak peduli kritik akan menjadikan kita pribadi yang mudah tersinggung. Kita akan cenderung cepat marah dan menganggap orang lain sebagai gangguan. Jikalau telah begitu, kita malah akan kehilangan kesempatan untuk belajar.

Biar gak menjadi ribet, menanggapi suatu kritikan dengan bijak tersebut perlu dilakukan. Dikarenakan, kritik yang membangun malah akan membantu kita instrospeksi diri. Sehingga dari kritik itu, kita bisa berbenah menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Mengukur semua hal dengan uang

Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Hidup Rumit Diri Sendiri, Hentikan !

Tak bisa dipungkiri, uang adalah keperluan mendasar dalam hidup manusia. Tanpa adanya uang, kita akan kesulitan mencukupi keperluan hidup sehari-hari. Walaupun begitu, jika kita mengukur seluruh hal dengan uang, malah akan membawa dampak hidup rumit.

Pasalnya, kita cenderung menganggap bahwa senang tersebut ketika mempunyai berlimpah uang. Atau pekerjaan yang sukses adalah yang menghasilkan banyak uang. Jika tak memperolehnya , kita akan cepat kehilangan motivasi dan menyerah.

Padahal, gak seluruh kebahagiaan dapat diukur dengan uang. Bisa juga dengan rasa damai dan penerimaan akan diri sendiri dan orang lain. Sehingga akan menimbulkan kenikmatan akan kehidupan yang kita jalani.

Memang, tanpa sadar hal-hal yang kita lakukan sehari-hari malah bikin rumit. Padahal semakin rumit pikiran, maka kita akan lebih rentan stres atau cemas. Maka dari itu, menjadikan hidup sederhana dan tanpa terlalu fokus pada rumitnya hidup penting, ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.