Ketahui ! Batu Andesit, Fungsi, dan Kaitannya dengan Bendungan Bener

Ketahui ! Batu Andesit, Fungsi, dan Kaitannya dengan Bendungan Bener

global.gerbangindonesia.org – Ketahui ! Batu Andesit, Fungsi, dan Kaitannya dengan Bendungan Bener .  Hallo sobat kini Admin berbagi info lagi, selamat membaca.

Read More

Project pembangunan Bendungan Bener di Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah belakangan ini ramai jadi perhatian publik.

Salah satunya gegara adanya penolakan berasal dari warga tentang pembangunan Bendungan Bener yang merupakan salah satu Project Strategis Nasional (Psn) di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Sebanyak 23 warga sempat diamankan aparat kepolisian waktu proses pengukuran huma untuk pembangunan project Bendungan Bener itu.

Penangkapan sejumlah warga itu juga ramai di media sosial, sampai tagar #Savewadas #Wadas Melawan #Wadastolaktambang jadi trending topik di Twitter.

Puluhan warga yang ditangkap aparat merupakan mereka yang bersikeras menampik lahannya dibebaskan untuk penambangan batu andesit.

Rencananya, batu andesit yang ditambang berasal dari Desa Wadas ini akan dipergunakan sebagai material pembangunan Bendungan Bener yang lokasinya masih berada di Kabupaten Purworejo.

Lantas, apa itu batu andesit ?

Ketahui ! Batu Andesit, Fungsi, dan Kaitannya dengan Bendungan Bener

Peneliti Madya Bidang Sumber Energi Geologi Brin, Iwan Setiawan menjelaskan bahwa batu andesit adalah salah satu tipe batuan beku yang bertekstur halus, umumnya berwarna abu-abu.

Batuan andesit sangat banyak di Indonesia, sebab batuan andesit berasal dari magma yang membeku berasal dari letusan gunung berapi.

“Di seluruh pulau di Indonesia andesit tersebar terutama di daerah-daerah yang disusun oleh batuan-batuan hasil letusan gunung api,” kata Iwan saat dihubungi

Di Indonesia sangat banyak ditemukan batuan andesit, dikarenakan adanya tak terhitung gunung berapi yang masih aktif. Batuan andesit biasanya hadir dengan batuan gunung merapi lainnya layaknya tuf berbutir halus-kasar dan breksi.

Faedah dan faedah batu andesit Menurut Iwan, batu andesit kerap dimanfaatkan sebagai bahan kontruksi atau pondasi bangunan, gara-gara energi dan jumlahnya yang melimpah.

“Sejauh ini Andesit dimanfaatkan untuk bahan konstruksi/pondasi bangunan, ornamen, peralatan rumah tangga, dan lain-lain,” terang Iwan.

Sedangkan untuk ekosistem alam, batuan andesit dapat menjadi batuan pelindung dari panas bumi, serta sebagai penyedia mineral alam yang dapat menyuburkan tanah. “Manfaat bagi ekosistem alam, bisa sebagai batuan penudung dari sistem panas bumi, penyedia bahan mineral alam untuk kesuburan tanah,” ungkap Iwan.

Tanah yang punya persentase batu andesit biasanya fertile atau subur, dikarenakan batuan andesit terdapat di area vulkanik dan udah mengalami pelapukan.

“Daerah vulkanik (termasuk) andesit tanahnya biasanya subur,” katanya lagi.

Kebermanfaatan berasal dari batu andesit lebih spesifik tergantung berasal dari komposisi mineral yang dominan pada batuan itu, dan proses geologi yang menyertainya.

“Misal kalau andesit terpengaruh oleh aktifitas hidrotermal, andesit dapat menyimpan mineral-mineral logam berharga,” jelas Iwan.

Barangkali rusaknya alam Iwan menjelaskan, proses penambangan apa pun jika tidak mencukupi kaidah penambangan yang baik akan merusak lingkungan.

Penambang wajib jalankan rekayasa pasca-menambang, sehingga huma ulang layaknya semula dan tidak mengganggu ekosistem setempat.

Dan juga, proses penambangan yang baik akan mengimbuhkan efek ekonomi yang berarti.

“Kalau memenuhi kaidah good mining practice perubahan lahan dapat direkayasa untuk kembali seperti semua. Sehingga dapat memberi dampak ekonomi yang signifikan dan perubahan lahan yang tidak mengganggu ekosistem setempat,” pungkasnya.

Penambangan andesit dan sumber mata air warga , penambangan batuan andesit di Desa Wadas udah mencapai 145 hektar.

Lebih dari satu warga menampik perencnaan penambangan itu, dikarenakan dikhawatirkan akan merusak 28 titik sumber mata air warga desa.

Kerusakan sumber mata air akan berakibat pada rusaknya huma pertanian yang merupakan mata pencaharian rakyat desa.

Penambangan ini dikhawatirkan juga akan membawa dampak Desa Wadas rawan akan longsor.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.