Kini, Facebook Reels Sudah Tersedia di Indonesia

 

Kini, Facebook Reels Sudah Tersedia di Indonesia

Read More

global.gerbangindonesia.org – Kini, Facebook Reels Sudah Tersedia di Indonesia 

Meta (Pernah Facebook Inc.) kini memperluas ketersediaan fitur video pendek Reels di Facebook. Tak semata-mata itu saja, Meta juga mengimbuhkan tools editing dan juga fitur monetisasi konten baru di Facebook Reels.

Mulai hari Rabu (23/2/2022), Facebook Reels sudah ada untuk pengguna Facebook secara dunia di 150 negara, termasuk Indonesia.

Info ini disampaikan segera oleh CEO Meta Mark Zuckerberg didalam suatu unggahan di akun Facebook pribadinya.

“Sejauh ini, Reels sudah menjadi format konten kami yang paling cepat berkembang, dan hari ini kami membuat Reels tersedia untuk semua pengguna di Facebook secara global,” tulis Zuckerberg

Facebook Reels terlebih dirilis Amerika Serikat

Sebelum dirilis secara dunia, fitur Facebook Reels ini terlebih dulu dirilis untuk pengguna Facebook di Amerika serikat pada akhir September 2021 lalu.

Yang telah diketahui, fitur video pendek Reels semula cuma bisa diakses di media sosial lain di bawah naungan Meta, yaitu Instagram. Fitur ini pertama kali dirilis di Instagram pada 2020 lalu.

Berselang dua tahun, Meta pada akhirnya turut membawa fitur ini ke Facebook. Serupa halnya di Instagram, pengguna Facebook bisa menbuat konten video Reels yang diiringi dengan beraneka musik, efek, dan lainnya.

Facebook Reels bisa diakses oleh pengguna Facebook dunia, lewat aplikasi Facebook di perangkat ios maupun Android.

Facebook Reels ini telah ada pada aplikasi Facebook versi 354.0.0.22.110 untuk ponsel Android di Indonesia.

Pengguna bakal bisa menemukan tab “Reels” di antara tab “Stories” dan “Rooms” di halaman depan aplikasi Facebook.

Ketika tab “Reels” diklik, pengguna bisa membuat video Reels di menu “Create reel” yang memiliki tampilan sangat mirip dengan menu create reels di Instagram. Di tab “Reels” pula, pengguna bisa melihat seluruh video Facebook Reels yang diposting pengguna lain dengan cara menggulirkan ke atas, seperti di Instagram Reels. Pengguna juga bisa memberikan komentar, tanda suka (like), dan berbagi video Facebook Reels.

Fitur – Fitur Facebook Reels

Fitur editing dan monetisasi baru Mark Zuckerberg sendiri berharap Reels mampu jadi area paling baik bagi kreator konten untuk membuka dengan fans/komunitasnya sekaligus jadi area mencari nafkah.

Untuk itulah, Meta mengimbuhkan fitur editing dan monetisasi baru ke Facebook Reels. Untuk fitur baru, kini, Facebook Reels kedatangan fitur remix (Berduet dengan video Reels lain) dan juga durasi video sampai 60 detik, serupa layaknya di Instagram Reels.

Lalu, ada pula fitur baru draf yang amat mungkin pengguna menyimpan video Facebook Reels sebagai draf atau konsep didalam waktu dekat.

Tak hanya itu saja, dalam beberapa bulan ke depan, Facebook Reels juga bakal kedatangan fitur video clipping, yang akan memudahkan kreator yang memublikasikan video live atau berdurasi panjang, menguji bermacam format.

“Kami juga memperluas pengujian alat monetisasi baru untuk Facebook Reel dengan iklan overlay,” tulis Zuckerberg.

Fitur monetisasi alias memperoleh uang berasal dari Facebook Reels tersebut berupa dua tampilan iklan overlay semi transparan di konten video Reels.

Pertama iklan didalam bentuk spanduk transparan yang terletak di bawah video Reels. Dan yang kedua adalah iklan didalam bentuk stiker semi transparan yang bisa dipajang di mana saja di video Reels pengguna.

Di dalam suatu unggahan di website resminya, Meta menyebutkan bahwa dua bentuk iklan overlay itu tidak mengganggu pandangan penonton dan justru amat mungkin kreator untuk meraih pendapatan berasal dari iklan.

Menurut Meta, uji coba fitur monetisasi baru kenakan iklan overlay ini baru ada untuk kreator Facebook Reels di negara As, Kanada, Meksiko saja, dan di lebih banyak negara dalam  satu minggu mendatang.

“Kami juga akan segera meluncurkan iklan layar penuh dan imersif di antara konten Reels,” tulis Zuckerberg.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.