Luar Biasa, Harga Motor MotoGP Nyaris Rp 70 Miliar per Unit

Luar Biasa, Harga Motor MotoGP Nyaris Rp 70 Miliar per Unit

global.gerbangindonesia.org – Luar Biasa, Harga Motor MotoGP Nyaris Rp 70 Miliar per Unit

Motogp kembali ke Indonesia sesudah 25 tahun. Sirkuit Mandalika akan jadi arena pertarungan jago balap Motogp memperebutkan podium kampiun.

Sebelum Motogp Mandalika, pentas adu cepat kuda besi ini paling akhir kali berjalan di Indonesia pada tahun 1998. Tak heran, kembalinya ajang balap motor bergengsi tersebut ke Tanah Air langsung mendapat sambutan meriah.

Tapi, apakah anda tahu berapa harga motor balap di kelas Motogp?

Dikutip dari halaman the Race, Sabtu (19/3/2022), harga suatu unit motor balap di kelas Motogp dibanderol kira-kira 2 sampai 4 juta euro atau setara Rp 34,8 miliar sampai Rp 69,6 miliar.

Tentunya ada harga ada mutu, harga itu ditentukan oleh paket spesifikasi seperti mesin, sasis, suspensi, sampai perangkat pengereman dan elektronik dari suatu manufaktur.

Masing-Masing komponen motor itu mempunyai biaya pembuatan, termasuk juga penelitian dan pengembangan untuk mencapai performa yang diinginkan.

Tak hanya hal tersebut, harga motor Motogp Yang fantastis sebab keunggulan komponen di dalamnya. Melansir Box Repsol, komponen-komponen itu terdiri dari dapur pacu sampai kaki-kaki. Artinya, amat wajar jika motor sekelas Motogp dibanderol dengan harga yang mahal.

Pada akhirnya, bagian dapur pacu, harga mesin motor Motogp kelas atas biasanya berkisar 250 ribu euro atau kurang lebih Rp 4,1 miliar, belum termasuk dengan biaya perbaikan jika ada rusaknya pada mesinnya.

Komponen Motor MotoGP

Luar Biasa, Harga Motor MotoGP Nyaris Rp 70 Miliar per Unit

 

Dan , komponen elektronik yang menolong kinerja mesin layaknya sensor, kabel, dan panelnya bisa mencapai 100 ribu euro atau setara dengan Rp 1,6 miliar. Box Repsol menegaskan, tidak ada komponen yang harganya dibawah seribu euro.

Lalu, di bagian kaki-kaki, motor Motogp biasanya berkiblat pada standar yang telah ditentukan oleh Federasi Motor Internasional (Fim). Pada bagian rem yang bisa tembus di angka 70 ribu euro atau setara dengan Rp 1,1 miliar, tentunya harga ini belum termasuk dengan pajak, luar biasa.

Adapun harga rem itu telah sepaket dengan tiga pasang kaliper, tiga silinder, 10 cakram karbon dan 28 bantalan yang akan mendukung kaki-kaki motor Motogp.

Tak ketinggalan, instrumen penting lainnya yaitu Ban motor Motogp juga dibanderol benar-benar mahal. Pasalnya, tiap-tiap motor Motogp punya ban khusus yang berbeda tiap sirkuit.

Michelin adalah suatu produsen ban multinasional, diketahui sebagai penyuplai tunggal ban motor Motogp. Dimana pihaknya perlu menyiapkan 1,2 juta Euro yang setara dengan Rp 19,4 miliar.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.