MEWUJUDKAN PENGEMBANGAN MADRASAH MENUJU MADRASAH HEBAT BERMARTABAT PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

MEWUJUDKAN PENGEMBANGAN MADRASAH MENUJU MADRASAH HEBAT BERMARTABAT PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

global.gerbangindonesia.org – MEWUJUDKAN PENGEMBANGAN MADRASAH MENUJU MADRASAH HEBAT BERMARTABAT PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI, Update lagi , hari ini admin ingin berbagi sedikit ilmu seputar Madrasah

Terwujudnya pendidikan Islam yang unggul, moderat dan jadi rujukan dunia didalam integrasi pengetahuan agama, ilmu dan teknologi. Itulah visi yang dirangkul oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Ri. Visi ini akan direalisasikan dengan jalankan misi yaitu dengan cara menambah akses pendidikan Islam yang merata, tingkatkan kualitas pendidikan Islam, menambah relevansi dan energi saing pendidikan Islam, dan menambah tata kelola pendidikan Islam yang baik.

Di dalam bisnis mewujudkan visi dan misi itu Kementerian Agama mengembangkan Diversifikasi kelebihan madrasah didalam beraneka bentuk yaitu MA Akademik, MA Program Keagamaan, MA Plus Keterampilan, Madrasah Riset dan lain-lain. MA Akademik merupakan prototipe madrasah aliyah yang mengembangkan keistimewaan kompetitif di bidang akademik, sains, dan teknologi. MA Program Keagamaan adalah prototipe madrasah aliyah yang mengembangkan keistimewaan kompetitif di bidang keahlian kajian keagamaan Islam.

MA Plus Keterampilan adalah prototipe madrasah aliyah yang mengembangkan keistimewaan kompetitif di bidang keterampilan tertentu. Sedangkan madrasah riset adalah madrasah yang miliki keistimewaan kompetitif di bidang riset atau penelitian ilmiah.

Menuju madrasah hebat bermartabat disesuaikan tuntutan zaman, suatu madrasah dituntut untuk bisa mengembangkan kelebihan dan keunikan masing-masing didalam kemasan yang menarik dan juga dapat membawa dampak branding yang berbeda berasal dari madrasah yang telah ada pada umumnya.

Kelebihan-Kelebihan itu bisa dikemas didalam berbagi wujud, misalnya unggul di dalam tahfidz, sains, riset, bahasa asing, olahraga, seni, robotik, teknologi berita dan lain sebagainya.

Selagi ini Kementerian Agama lewat Direktorat KSKK Madrasah udah melaksanakan beraneka upaya didalam mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat Berkelas Dunia, lewat beragam kerjasama dan meluncurkan program-program unggulan dan strategis. Sebagaimana yang disampaikan oleh direktur Kskk, Dr. H.A. Umar Sw, “Madrasah hebat adalah madrasah yang bisa mengembangkan semua potensi siswa secara optimal dan mencapai puncak prestasi madrasah dengan cara yang baik (Bermartabat).”

Mewujudkan madrasah hebat bisa dijalankan dengan pengelolaan madrasah secara profesional yang memberi ruang berinovasi dan berkreasi didalam mengelola pendidikan. Madrasah hendaknya memberi ruang, kesempatan dan bantuan kepada guru untuk berkreasi di dalam mengelola pembelajaran. Supaya guru bisa mengerahkan totalitasnya secara frofesional dan fokus didalam proses pembelajaran tanpa wajib dibebani dengan tugas-tugas administratif.

Untuk memberi kesempatan madrasah berinovasi dan berkreasi, Kementerian Agama RI sudah menetapkan regulasi perihal Kurikulum Madrasah yang terdiri berasal dari KMA Nomor 183 Tahun 2019 mengenai Panduan Kurikulum PAI dan Bahasa Arab di Madrasah dan KMA Nomor 184 Tahun 2019 perihal Panduan Implementasi Kurikulum pada Madrasah.

Demi tercapainya madrasah hebat bermartabat di jaman revolusi industri 4.0 seorang guru mesti dapat menciptakan proses pembelajaran yang berkarakter disesuaikan tuntutan zaman. Proses pembelajaran itu sanggup ditunaikan dengan sebagian cara yaitu, dengan memberi kesempatan dan kegiatan studi yang variatif dan tidak terus-menerus, menciptakan Proses pembelajaran yang dapat mengakomodir kemampuan berpikir kritis peserta didik,  dengan mewujudkan Pembelajaran yang memanfaatkan beraneka multisumber, melakukan Pembelajaran yang menghubungkan pengetahuan dengan dunia konkret, dan mengenakan penggunaan teknologi untuk mencapai tujuan pembelajaran, dan juga lakukan Pembelajaran berbasis projek atau kasus.

Didalam melakukan proses pembelajaran, guru hendaknya memastikan adanya keterhubungan  antar kurikulum . Hal ini bisa diaplikasikan dengan kenakan pembelajaran kolaboratif yang mendorong partisipasi peserta didik dan terbangun interaksi yang baik didalam pembelajaran. Tidak cuman tersebut di dalam pembelajaran juga wajib membudayakan kreativitas dan penemuan, memakai  wahana studi yang tepat, kenakan media visual untuk menaikkan pemahaman, dan memakai evaluasi formatif terhitung evaluasi diri sendiri.

Menolong tercapainya tujuan pendidikan di madrasah ada 4 Keterampilan Studi yang wajib dikembangan di madrasah yaitu, Berfikir Kritis yaang merupakan keterampilan berfikir taraf tinggi, melibatkan pemikiran yang didalam. Kreatifitas dan Penemuan : Berfikir di luar kebiasaaan, menciptakan disesuaikan yang baru dan berharga. Kerja sama : Bekerjasama, komunikator yang menyadari, pendengar yang efektif, dan jadi pemain di di dalam team. Kemampuan Berkomunikasi : menciptakan komunikasi yang efektif didalam bermacam bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia . Akan lebih sempurnalah pencapaian tersebut dengan jalankan penemuan tiada henti mewujudkan madrasah hebat bermartabat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.