NFT Sedang Viral, Ingat Kewajiban Perpajakannya ?

NFT Sedang Viral, Ingat Kewajiban Perpajakannya

global.gerbangindonesia.org – NFT Sedang Viral, Ingat Kewajiban Perpajakannya ?

Terlepas dari popularitas dan pertumbuhan pasarnya yang pesat, NFT sanggup dikategorikan sebagai aset berharga atau bernilai tinggi sebagaimana mata uang kripto atau aset digital lain berbasis blockchain.

Walaupun NFT dan mata uang kripto belum dianggap legalitasnya oleh Pemerintah Indonesia, UU Pajak Penghasilan (Pph) menegaskan bahwa tiap-tiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima wajib pajak, baik yang berasal dari Indonesia maupun berasal dari luar Indonesia, merupakan objek pajak.

Ini tidak mengecualikan laba dari transaksi perdagangan aset digital Nft, yang didalam hal ini diakui pula sebagai penghasilan kena pajak.

Cara pelaporan

Kepemilikan NFT sebagai aset digital, harus dilaporkan didalam Surat Pemberitahuan (Spt) Tahun.

Caranya, dengan mencantumkan tipe aset NFT dan nilai perolehannya pada kolom harta dengan kode asset 039. Untuk menentukan nilai Nft, Kamu bisa kenakan nilai pasar per tanggal 31 Desember tahun pajak yang bersangkutan.

Apabila ada laba atau penghasilan tambahan dari transaksi jual-beli Nft, Kamu juga wajib mengungkapkannya di kolom penghasilan lain-lain didalam Spt.

Jika sehabis diakumulasikan dengan penghasilan lain terdapat tidak cukup bayar Pph, Kamu sebagai Wajib Pajak mesti melunasi itu dan bukti setor pajaknya dilampirkan di dalam SPT sehingga pelaporan itu bisa diterima.

Untuk besaran tarif pajak yang dikenakan, sampai Tahun Pajak 2021 digunakan lapisan dan tarif yang merujuk pada UU Pph. Adapun mulai Tahun Pajak 2022, rujukannya adalah UU Harmonisasi Aturan Perpajakan (Uu Hpp).

Pelaporan harta ini jadi penting sebab aset yang dimiliki wajib pajak adalah representasi dari penghasilan wajib pajak. Jangan sampai aset digital yang tidak dilaporkan jadi temuan Direktorat Jenderal Pajak (Djp). Temuan DJP memberikan   konsekuensi dan hukuman administrasi yang mesti ditanggung pemilik aset.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.