Tahukah Anda ! 20 Aplikasi dengan Pendapatan Terbesar di Apple App Store dan Google Play Store

Tahukah Anda ! 20 Aplikasi dengan Pendapatan Terbesar di Apple App Store dan Google Play Store

global.gerbangindonesia.org – Tahukah Anda ! 20 Aplikasi dengan Pendapatan Terbesar di Apple App Store dan Google Play Store

Aplikasi mobile semakin laris-manis pada tahun 2021. Hal ini ditandai dengan naiknya pendapatan (Revenue) aplikasi berasal dari tahun ke tahun.

Di dalam laporan terbarunya, firma riset Sensor Tower mengungkapkan bahwa pendapatan berasal dari 100 aplikasi non-game teratas secara dunia tercatat mencapai 18,3 miliar dollar AS atau setara Rp 264 triliun untuk tahun 2021.

Jumlah pendapatan itu merupakan gabungan berasal dari aplikasi yang berbasis langganan di toko aplikasi Apple App Store dan Google Play Store
Angka pendapatan sampai Rp 264 triliun tersebut mewakili perkembangan 41 % berasal dari tahun sebelumnya (Tahun-On-Tahunan/Yoy).

Pada 2020 pendapatan 100 aplikasi non-game teratas tersebut berkisar di angka 13 miliar dollar AS (Kira-Kira Rp 187,7 triliun).

Sesudah itu, aplikasi mana yang paling banyak membukukan pendapatan di tahun 2021?

Secara umum, aplikasi yang paling berlimpah meraih pemasukan di tahun 2021 didominasi oleh aplikasi video-on-demand layaknya Youtube, Disney+, iqiyi, dan HBO Max.

Ada pula aplikasi lain layaknya Tinder, Twitch, Line, dan Facebook.
Untuk lebih jelasnya, berikut daftar 20 aplikasi teratas di App Store dan Play Store secara global, yang memperoleh pendapatan terbesar di 2021.

10 aplikasi dengan pendapatan tertinggi di App Store

  1. YouTube
  2. Tinder
  3. Tencent Video
  4. iQiYi
  5. Disney+
  6. Piccoma
  7. QQ Music
  8. Youku
  9. HBO Max
  10. Hulu

10 aplikasi dengan pendapataan tertinggi di Play Store

  1. Google One
  2. Piccoma
  3. Disney+
  4. HBO Max
  5. Twitch
  6. Tinder
  7. Pandora
  8. Line
  9. ESPN
  10. Facebook

 

Berdasarkan daftar di atas, aplikasi bikinan Google memperoleh pendapatan tertinggi di kedua toko aplikasi.

Menurut catatan Appleinsider, pada 2021 lalu Youtube dilaporkan berhasil membukukan pendapatan 1,2 miliar dollar AS (Kira-kira Rp 17,3 triliun). Dan Google One menghasilkan pendapatan sebesar 1,1 miliar dollar AS atau setara Rp 15,8 triliun.

Tahukah Anda ! 20 Aplikasi dengan Pendapatan Terbesar di Apple App Store dan Google Play Store

Sensor Tower Daftar 20 aplikasi non-game teratas berdasarkan pendapatan di toko aplikasi App Store dan Play Store.Pengguna Apple lebih royal?

Dari sisi pelanggan, agaknya pelanggan Apple paling royal mengeluarkan uangnya untuk berbelanja aplikasi di App Store.

Pasalnya, menurut laporan Sensor Tower, aplikasi Apple App Store secara total berkontribusi paling tak terhitung pada keseluruhan pendapatan pendapatan berasal dari 100 aplikasi non-game teratas secara dunia yang jumlahnya mencapai 18,3 miliar dollar As.

Dari angka tersebut, mayoritas atau sebesar 13,5 miliar dollar AS (Kira-Kira Rp 193,7 triliun) berasal  dari belanja langganan pengguna di aplikasi Apple App Store, dari Apple Insider, Jumat (25/2/2022).

Dan sisanya atau 4,8 miliar dollar AS (Kurang lebih Rp 68,8 triliun) berasal berasal dari aplikasi di Google Play Store.

Meski kalah dalam hal jumlah, keseluruhan belanja langganan di dalam aplikasi yang ada di Google Play Store di 2021 ini justru mencetak pertumbuh sampai 79 prosen.

Sebagai perbandingan, pada 2020 lalu, pengeluaran pelanggan di Google Play Store semata-mata berkisar di angka 1,4 miliar dollar AS (Kira-Kira Rp 20 triliun) saja.

Secara umum, Sensor Tower mengungkapkan, pendapatan berasal dari pembelian di dalam aplikasi  non-game dan game di Apple App Store dan Google Play Store, totalnya mencapai 131,6 miliar dollar AS pada tahun 2021.

Keseluruhan pendapatan aplikasi mobile (Game dan non-game) di App Store dan Play Store tersebut setara dengan Rp 1.887,8 triliun.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.