Teknik Sukses Bangun Bisnis Startup, Begini Caranya !

Teknik Sukses Bangun Bisnis Startup, Begini Caranya !

global.gerbangindonesia.org – Teknik Sukses Bangun Bisnis Startup, Begini Caranya !

Read More

Startup di Indonesia merupakan usaha yang berhasil mendisrupsi industri dan hingga saat ini tetap mengembangkan jumlah penggunanya.

Sebagai contohnya startup yang bermunculan di bidang usaha travel, sebelum adanya startup itu, melacak hotel adalah hal yang cukup sulit dilakukan dan seringkali membutuhkan pertolongan travel agency supaya bisa menemukan hotel yang disesuaikan.

Tetapi, semenjak bermunculannya startup di bidang itu, pencarian hotel dapat dikerjakan dalam genggaman tangan dari mana pun. Seluruh startup itu dapat mengembangkan bisnisnya lewat dana dari venture capital atau modal ventura.

Semua berakhir pada satu pertanyaan, lalu apa saja yang wajib diketahui para pemula dalam membangun suatu startup? Berikut tips sukses membangun usaha startup dari hasil kajian Managing Director OCBC NISP Ventura, Darryl Ratulangi, Minggu (13/3/2022):

Berikut tips sukses membangun usaha startup

1. Tim yang sesuai dan solid.

Suatu pepatah mengatakan, jika kamu ingin pergi cepat, pergilah sendiri; tetapi jika ingin pergi jauh, pergilah bersama. Dibutuhkan suatu team yang tepat supaya mampu mencapai visi dari startup itu. Para pendiri startup juga perlu miliki visi misi yang sama dan berkomitmen didalam menjalankan usaha ini. Para pendiri juga wajib tahu industri yang ingin dijelajahi dengan baik dan mempunyai latar belakang yang relevan untuk industri startup itu.

2. Jangan mudah puas dan terus beradaptasi.

Pada dasarnya startup mengandalkan teknologi dan oleh dikarenakan itu, startup mesti siap untuk beradaptasi dengan segala perubahan-perubahan yang berlangsung supaya tidak tertinggal zaman. Lebih lagi, startup mesti selalu mencari solusi terbaru yang semakin baik untuk masalah di industri fokus mereka.

Investor

Teknik Sukses Bangun Bisnis Startup, Begini Caranya !

3. Carilah investor yang dapat menaikakan kelas usaha Anda.

Mendapatkan dana venture capital tentulah hal yang baik untuk startup, tetapi tidak seluruh investor bisa menambahkan laba yang lebih bagi usaha Anda. Corporate venture capital yang baik mampu menambahkan nilai tambahan yang benar-benar menguntungkan bagi startup, layaknya menambah sinergi dengan rekanan bisnisnya dan reputasi yang lebih baik untuk startup itu. Contohnya, OCBC NISP Ventura, corporate modal ventura milik Bank OCBC Nisp, mampu memanfaatkan relasinya dengan institusi keuangan untuk menolong startup meminjamkan kredit kepada konsumen, melakukan transaksi, dan memberi tambahan akses ke produk-produk bank lainnya.

4. Carilah mentor yang mengerti industrinya.

Dengan adanya mentor, start up bisa mendapatkan opini eksternal yang bisa menyaksikan total startup secara objektif. Seringkali pelaku startup tidak mengetahui atas persoalan yang dihadapi dan kerap mengabaikan orang lain dikarenakan kepercayaan diri dan idealisme yang benar-benar tinggi. Tapi, dengan adanya seorang mentor yang dipercayai, pendiri startup mampu mendengarkan nasehat mentor itu yang pada umumnya memiliki latar belakang yang baik di industri yang bersangkutan dan opini yang bisa dipercaya.

Perencanaan

Teknik Sukses Bangun Bisnis Startup, Begini Caranya !

5. Buatlah rencana dan roadmap.

Tanpa planning atau rencana, startup itu dapat membuang banyak waktu, uang, dan tenaga untuk hal-hal yang sebenarnya tidak akan mendukung mereka mencapai tujuan yang diinginkan.

Pendiri startup harus menentukan roadmap, yang terdiri dari tujuan atau hasil yang diinginkan dan mencakup langkah-langkah primer yang diperlukan untuk mencapainya.

Semua ini dilaksanakan supaya start up tidak kehilangan arah dan bisa mencapai tujuannya disesuaikan dengan linimasa yang sudah ditentukan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.