Waspada Jika Investasi, Ini Cara Cek Daftar Investasi Ilegal Terbaru di Laman OJK

Waspada Jika Investasi, Ini Cara Cek Daftar Investasi Ilegal Terbaru di Laman OJK

global.gerbangindonesia.org – Waspada Jika Investasi, Ini Cara Cek Daftar Investasi Ilegal Terbaru di Laman OJK

Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi sudah lakukan inventarisasi investasi ilegal. Ini sebagai upaya menginformasikan kepada masyarakat untuk waspada pada investasi ilegal atau bodong.

“Sobat OJK, hati-hati terhadap penawaran investasi yang kamu terima. Sebelum memilih investasi, ingat prinsip 2L, Legal dan Logis. Cek dulu legalitasnya dan apakah untung yang ditawarkan logis atau masuk akal,” tulis akun Instagram resmi OJK, dikutip Senin (21/3/2022).

Daftar investasi ilegal yang disetop Satgas Waspada Investasi bisa dilihat di laman formal Ojk. Caranya dengan mengunjungi laman ww.ojk.go.id/waspada-investasi pada peramban yang dimiliki.

Menurut pantauan , Ada  sekitar 1.112 corporate investasi ilegal yang sudah disetop. Ini terbagi didalam 112 halaman yang tercantum itu.

Ada berbagai jenis investasi yang dibekukan ini, mulai dari investasi saham, investasi emas, investasi uang, investasi forex, investasi batu bara sampai perdagangan aset kripto.

Pada laman itu, OJK menyebutkan, daftar ini merupakan rujukan bagi masyarakat dan akan diperbarui secara berkala. Paling baru, Satgas Waspada Investasi sudah laksanakan penyetopan pada 22 Desember 2021 lalu.

Imbauan OJK

Waspada Jika Investasi, Ini Cara Cek Daftar Investasi Ilegal Terbaru di Laman OJK

Pada bagian atas daftar investasi ilegal yang sudah disetop ini, tercantum imbauan OJK sebelum melakukan investasi.

“Masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan investasi pada entitas yang tidak jelas legalitas dan pengawasannya. Penawaran ini sering disamarkan sebagai penjualan langsung dan/atau peluang bisnis dengan bunga dan skema investasi yang tampak atraktif,” sebagaimana tertulis.

“Apabila Anda menemukan penawaran investasi yang mirip dengan penjelasan di atas, Anda perlu memastikan bahwa entitas tersebut beserta investasi yang ditawarkan memiliki izin yang sah dari otoritas yang berwenang,” imbuh laman tersebut.

OJK juga menulis, klarifikasi atas daftar yang tercantum dan info perihal penawaran investasi yang mencurigakan bisa disampaikan lewat telephone 157 atau email  : [email protected]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.